Fakta Tersembunyi Pohon Ara, Tanaman yang Bisa Membalas Dendam


Naviri Magazine - Seperti yang kita tahu, tanaman dan serangga memiliki hubungan yang sangat penting. Tanaman memberikan nektar, dan sebagai imbalannya serangga menyerbuki tanaman. Tapi apa yang terjadi jika serangga tidak mematuhi sistem kerjasama tersebut? Apa yang akan tanaman lakukan? Mengajukan keluhan? Meminta serangga untuk pergi?

Serangga cukup banyak mendapatkan keuntungan dari kesepakatan itu. Mereka bisa makan gratis, dan mungkin mendapatkan beberapa serbuk sari. 

Pohon ara punya kemitraan dengan tawon tertentu, yang disebut lebah Ara. Tawon butuh tanaman ini karena kebutuhan pangan, dan bertelur di buah. Sebagai gantinya, tawon diharapkan melakukan penyerbukan buah sehingga pohon dapat bereproduksi.

Pohon ara tidak bisa bereproduksi tanpa tawon, dan tawon tidak bisa hidup tanpa pohon ara. Bagaimana jika tawon tidak peduli? Dia makan dari pohon Ara dan tidak melakukan penyerbukan? Maka pohon ara akan membalas dengan membunuh keluarganya!

Para peneliti bereksperimen dengan memperkenalkan tawon non-produktif (tawon yang tidak membawa serbuk sari) buah ara. Tawon begitu saja pergi setelah makan dari pohon ara dan meninggalkannya tanpa melakukan penyerbukan.

Lalu yang terjadi, sebagian besar buah ara yang belum masak jatuh berguguran, membunuh anak-anak tawon yang belum sempat menetas dan meninggalkan buah.

Related

Science 1578372921586546857

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item