Hasil Riset Terbaru: Tokopedia Mengalahkan Shopee dan Bukalapak


Naviri Magazine - Tokopedia menguasai pasar Indonesia dan Asia Tenggara. Ini terungkap dalam laporan Top 100 Retailers in Asia 2021 oleh Euromonitor International yang dirilis pada Mei lalu.

Dalam laporan tersebut, pada tahun 2020 industri ritel menurun sebanyak 6%. Ini bahkan diperparah dengan gelombang dua dan tiga pandemi Covid-19 di sebagian wilayah Asia Tenggara, yang memperlambat pemulihan bisnis domestik.

Namun krisis itu membuka peluang untuk pemain e-commerce bangkit. Ini dapat dilihat dari Tokopedia yang menyalip induk usaha Seven Eleven, Seven & I Holdings Co Ltd, yang pada tahun sebelumnya berada di peringkat pertama riteler terbaik di Asia Tenggara.

Tercatat pangsa pasar Tokopedia sebesar US$11,68 miliar (Rp 166,3 triliun) naik dari tahun sebelumnya, US$7,43 miliar (Rp 105,7 triliun). Sedangkan Seven & I Holding Co Ltd dengan US$11,53 miliar (Rp 164,1 triliun), mengalami penurunan US$12,93 miliar (Rp 184,1 miliar).

Tokopedia juga mengalahkan Sea Ltd, pemilik Shopee yang di saat bersamaan juga mengalami kenaikan. Berada di posisi tiga, perusahaan itu memiliki US$8,73 miliar (Rp 124,3 triliun).

"Tokopedia menyalip Seven & I Holdings ke peringkat pertama tahun 2020 dan Sea Ltd, pemilik Shopee, juga mengalami peningkatan lima peringkat berada ranking ketiga," tulis laporan itu.

Laporan menyebutkan hasil itu menunjukkan betapa bersemangat dan dinamisnya lanskap industri ritel di wilayah tersebut. Konsumen di Asia Tenggara juga menjadi lebih paham teknologi serta banyak pemain yang hijrah ke omni channel dan e-commerce.

"Dengan konsumen yang lebih mengerti teknologi dan banyak merek dipaksa untuk mengeksplorasi omnichannel, e-commerce dan omni channel diharapkan untuk mempertahankan pengaruhnya untuk industri ritel," jelas laporan dari Euromonitor International.

Selain Tokopedia, di dalam laporan tersebut juga ada e-commerce Indonesia, Bukalapak. Perusahaan tersebut berada di ranking 11. Pangsa pasar Bukalapak mencapai US$3,65 miliar (Rp51,9 triliun) naik dari US$2,43 miliar (Rp 34,6 triliun).

Related

News 3828142603405675201

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item