Hentikan 8 Kebiasaan Makan Ini, jika Kamu Banyak Duduk Saat Bekerja


Naviri Magazine - Baik di kantor atau di rumah, duduk untuk bekerja seharian sudah menjadi hal umum bagi masyarakat. Para ahli memperingatkan efek buruk kelamaan duduk, dari otot kaki lemah, penambahan berat badan, bahkan risiko tinggi terkena penyakit kronis, menurut Harvard Health. 

Ditambah lagi, duduk sepanjang hari dapat menyebabkan kebiasaan makan tidak sehat yang meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan terkena penyakit. 

Berikut beberapa kebiasaan makan yang perlu dihindari jika harus duduk sepanjang hari. 

1. Melewatkan makan

Keasyikan kerja atau deadline sering kali membuat orang lupa makan. Menurut Cheryl Mussatto, ahli diet klinis dan penulis The Nourished Brain, kebiasaan ini akan meangkibatkan orang makan berlebihan sepanjang malam sehingga bisa menambah berat badan.

"Rencanakan dan jadwalkan makan, termasuk makanan ringan. Luangkan satu atau dua jam di akhir pekan untuk membuat beberapa resep sehat atau makan banyak buah dan sayuran, daging tanpa lemak, dan biji-bijian untuk menyatukan makanan bergizi dengan cepat."

2. Minum minuman manis 

Terlalu banyak soda manis atau minuman energi memang mengusir kantuk saat bekerja, taoi ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan dmeningkatkan risiko penyakit kronis. 

"Ambillah botol air yang dapat digunakan kembali dan simpan di meja atau di sampingmu. Atau cobalah teh herbal yang bisa menyegarkan. Minum air atau teh herbal tanpa pemanis akan membuatmu lebih kenyang dan tidak tergoda untuk mengemil yang tidak sehat," ujar Mussatto. 

3. Makan permen 

Kelebihan gula, lemak, dan zat lain yang tidak begitu sehat bisa mengganggu kesehatan. Mussatto menyarankan menggantinya dengan kacang atau buah kering. "Semua ide camilan ini adalah sumber serat, protein, dan vitamin dan mineral penting yang memberimu kesehatan pada siang hari.”

4. Ngemil tanpa berpikir 

Duduk sepanjang hari sering menyebabkan makan tanpa berpikir, kata Amy Goodson, ahli diet penulis The Sports Nutrition Playbook. Tanpa disadari itu bisa menambah ratusan kalori. "SLama-kelamaan peningkatan kalori dan penurunan gerakan dapat menyebabkan penambahan berat badan."

5. Stress eating 

Sama dengan ngemil tanpa berpikir, makan stres atau stress eating bisa menjadi kebiasaan saat bekerja di siang hari. Rachel Paul, ahli diet, mengatakan itu harus dihindari. Jika ingin makan, dia menyarankan apel, kacang, atau telur rebus. 

7. Makan sambil bekerja

Menurut ahli gizi dan penulis buku Finally Full, Finally Slim, Lisa Young, orang yang makan sambil duduk di meja dan bekerja bisa makan hingga 50 persen lebih banyak. "Mereka sering teralihkan perhatiannya dan tidak makan dengan penuh perhatian. Saya sarankan ketika ingin makan atau ngemil, bangun, berjalan-jalan di sekitar rumah, dan makan di dapur."

8. Kurang minum 

Pakar diet Ricci-Lee Hotz menyarankan agar selalu menyediakan air putih di meja kerja untuk memastikan tubuh selalu terhidrasi saat duduk lama. 

"Bahkan jika Anda perlu memasukkannya atau menambahkan lemon untuk memberikan rasa dan memungkinkan meminum sesuatu sepanjang hari untuk merasakan yang terbaik, tetap terhidrasi, dan hindari soda manis dan minuman berenergi,” kata Hotz.

Related

Tips 5831200203062743280

Recent

item