Panduan Membuat Video Perjalanan


Membuat video apa pun bisa merepotkan, dan ada banyak hal yang perlu Anda ingat. Video bisa menjadi cara terbaik untuk berkomunikasi dengan audiens Anda, dan menunjukkan pengalaman Anda kepada mereka. Tetapi, jika Anda tidak tahu proses pembuatan video secara keseluruhan, hal itu bisa jadi sangat merepotkan bagi Anda.

Apalagi jika kita berbicara tentang video perjalanan, ada beberapa elemen yang perlu Anda perhatikan. Ini pasti akan sulit pada awalnya, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Setiap hal yang baik pada awalnya tampak sulit, kan?

Jadi, berikut adalah beberapa tips penting yang akan membantu Anda membuat video perjalanan yang luar biasa mulai sekarang.

1. Rencanakan Sebelum Merekam 

Saat merekam video perjalanan, Anda harus selalu siap dengan rencana. Kurangnya rencana yang solid bisa menjadi masalah ketika akhirnya Anda benar-benar membuat video di dunia nyata. Sebelum membuat video, Anda harus bertanya pada diri sendiri, "Untuk siapa video ini?" dan "Bagaimana perasaan penonton nantinya?"

Misalnya, film perjalanan bertujuan untuk mendorong orang mengunjungi negara itu melalui interaksi visual nyata yang indah. Anda ingin mengirimkan energi dan aura dari tempat tertentu melalui video Anda, kan? Jadi, tergantung pada apa yang ingin Anda gambarkan, Anda mendasarkan video pada hal itu. Jadi pikirkan baik-baik sebelum merekam.

2. Gunakan Editor Video yang Bagus 

Hal ini mungkin menjadi poin yang sering diremehkan, dan banyak orang akan mengatakan bahwa Anda tidak memerlukannya. Tapi sebenarnya ini sangat penting untuk keberhasilan keseluruhan video yang Anda buat. Editor video yang berkualitas memungkinkan Anda membuat video yang lebih baik daripada yang mungkin Anda bayangkan. Ada berbagai jenis fungsi dan fitur yang dapat Anda temukan saat menggunakan editor semacam itu.

Hasilnya, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan kecerahan, saturasi, nada keseluruhan, suasana hati, dan warna video. Mereka akan memungkinkan Anda untuk membuat video perjalanan terbaik, dan bisa membuat audiens Anda terkesan. Menggunakan editor video yang bagus juga membantu Anda mengatasi masalah pada audio atau suara.

3. Tonton Lebih Banyak Video Perjalanan 

Membuat video perjalanan bukan tugas yang mudah, dan itulah mengapa Anda harus memiliki pengalaman yang tepat sebelum bisa sukses melakukannya. Salah satu cara termudah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman Anda adalah dengan menonton video perjalanan lainnya.

Ada ribuan video terkait perjalanan di YouTube dan platform media sosial lainnya. Ini tersedia secara gratis, dan Anda harus menyaksikannya jika Anda ingin melihat bagaimana wisatawan profesional membuat video mereka.

Anda juga bisa mendapatkan beberapa inspirasi dan ide untuk video Anda berikutnya, dan mempelajari berbagai teknik atau metode yang mereka gunakan untuk mengedit. Semakin banyak Anda belajar, semakin baik pula Anda memahami.

4. Jangan Terlalu Fokus Pada Peralatan 

Hanya karena Anda pernah melihat juru kamera profesional menggunakan DSLR seharga $2000, bukan berarti Anda harus memilikinya untuk membuat video yang indah. Itu sama sekali tidak benar. Pada akhirnya, orang akan menyukai karya Anda hanya jika kontennya menarik dan menyenangkan.

Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli peralatan dan perlengkapan yang sangat mahal. Anda harus mulai dari yang kecil, dan bergerak maju selangkah demi selangkah.

Bagaimana Anda berharap bisa menangani peralatan mahal jika Anda tidak dapat membuat video menggunakan kamera sederhana? Oleh karena itu, fokus utama Anda harus selalu pada pembelajaran. Banyak pelancong memiliki ribuan pengikut di media sosial, tetapi mereka membuat konten hanya dengan menggunakan peralatan sederhana.

5. Jangan Lupakan Musik 

Dari setiap 10 video perjalanan yang Anda lihat di internet, 8 atau 9 di antaranya dihiasi musik. Musik memainkan peran penting saat membuat video perjalanan, karena membantu memberikan nada dan mengembangkan suasana hati. Anda harus mempelajari jenis musik dan audio apa yang harus Anda gunakan dalam video perjalanan tertentu.

Penggunaan musik yang keliru dapat memengaruhi mood video, dan akibatnya penonton tidak akan menyukainya. Tonton video perjalanan lain dari tempat yang Anda kunjungi, dan lihat jenis musik apa yang digunakan.

6. Fokus pada Bercerita

Video perjalanan paling sukses di internet memiliki alur cerita yang luar biasa, yang membuatnya begitu populer. Mendongeng adalah seni, dan jika Anda bisa menguasainya, Anda akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk membuat konten yang lebih indah bagi penonton.

Video yang dilengkapi dengan kronologi penceritaan yang baik dapat melibatkan penonton lebih baik, dibanding video perjalanan rata-rata. Orang-orang penasaran ingin tahu apa yang terjadi hingga akhir video. Namun, Anda juga harus menyadari bahwa menampilkan cerita yang bagus membutuhkan banyak pengalaman. Jadi, fokus Anda harus pada alur cerita yang bagus.

7. Konsisten 

Last but not least, Anda harus konsisten dalam pembuatan video dan mengikuti jalan Anda, terlepas dari berapa banyak tampilan yang Anda dapatkan. Membuat konten dan membuatnya populer adalah dua hal yang berbeda. Kebanyakan orang menyerah ketika mereka tidak melihat cukup banyak penayangan atau keterlibatan dalam konten mereka.

Tapi, Anda tidak boleh melakukan kesalahan yang sama. Mungkin butuh beberapa bulan atau bahkan setahun sebelum audiens menemukan konten Anda. Jadi, Anda harus bersungguh-sungguh dalam membuat video, dan suatu hari orang akan menemukannya. Setelah itu, tidak ada yang menghentikan Anda.

Akhir Kata

Jadi, ini adalah beberapa tips penting yang harus Anda ikuti saat membuat video perjalanan. Pastikan untuk mengikuti poin-poin ini, dan Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam keseluruhan proses dan kemampuan pembuatan video. Beri tahu kami poin mana yang paling membantu Anda.

Related

Tips 8115555970990440369

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item