Ikan Sapu-sapu Bisa Dikonsumsi, dan Punya Manfaat untuk Kesehatan


Naviri Magazine - Ikan sapu-sapu menjadi salah satu jenis ikan yang cukup populer di Indonesia karena ikan ini dikenal sebagai ikan hias yang biasanya dipelihara dalam akuarium.

Meski dikenal sebagai ikan hias, tapi uniknya, ikan sapu-sapu ini punya tampilan warna yang agak gelap alias tidak seperti ikan hias pada umumnya yang berwarna orange, kuning, merah, hingga perak.

Ikan sapu-sapu justru memiliki warna hitam dan abu-abu yang sangat dominan. Ikan ini memiliki corak yang sangat beragam tergantung dari spesiesnya. Ada yang bercorak loreng, ada yang bergaris, dan ada yang bercorak bintik-bintik.

Bisa Dikonsumsi

Pernah mendengar berita viral yang mengatakan kalau ikan sapu-sapu pernah ditemukan sebagai bahan campuran pada makanan siomay, batagor, dan otak-otak? Harga ikan sapu-sapu yang terbilang murah membuat para penjual makanan menggunakan campuran ikan ini.

Kehebohan berita ini disebabkan karena katanya ikan sapu-sapu sebenarnya tidak layak untuk dikonsumsi. Lantas apakah ikan ini tidak untuk dikonsumsi?

Ikan sapu-sapu sebenarnya bisa dikonsumsi, tapi sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu habitatnya berada di mana. Jika ikan sapu-sapu tersebut memiliki habitat di sungai atau alam liar, sudah pasti ikan tersebut kurang aman untuk dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan ikan ini adalah pemakan segala. Jadi dikhawatirkan jika di alam liar, ikan ini akan menyantap limbah atau kotoran yang bisa berdampak buruk jika dikonsumsi.

Menurut jurnal penelitian Kandungan logam berat (Cd, Hg, dan Pb) pada Plecostomus, Pterygoplichthys pardalis (Castelnau, 1855) di Sungai Ciliwung, telah ditemukan adanya kandungan logam berat yang terkandung dalam ikan sapu-sapu yang tinggal di sana sehingga sangat tidak aman untuk dikonsumsi.

Tapi kalau ikan sapu-sapu ini tinggal di akuarium atau tempat khusus budidaya, maka tak perlu khawatir karena ikan ini akan aman dikonsumsi.

Manfaat Ikan Sapu-Sapu

Salah satu manfaat utama dari ikan sapu-sapu adalah bisa membersihkan akuarium. Tapi selain itu, tentu saja ada manfaat lainnya dari ikan ini. Menurut jurnal Potensi Pterygoplichthys Pardalis berbagai Ukuran Sebagai Sumber Asam Lemak Esensial, beberapa manfaat dari ikan sapu-sapu adalah:
  • Bisa mendetokfikasi tubuh
  • Menurunkan kadar kolesterol alam darah
  • Bisa menjaga kesehatan kulit
  • Menghilangkan stres
  • Menambah stamina tubuh
  • Mengurangi peradangan
  • Mengurangi risiko alzheimer
  • Mestabilkan kadar gula darah

Related

Health 8933872843489838971

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item