Ini 5 Aturan Makan yang Sehat, dan Mudah Diterapkan di Rumah


Naviri Magazine - Selama pandemi, banyak orang yang bekerja dari rumah dan cenderung makan junk food karena praktis dan cenderung lebih murah. Padahal makanan tersebut berdampak buruk pada kesehatan.

Makan sehat tidak boleh bikin susah atau mahal. Berikut 5 aturan emas untuk makan sehat yang mudah diikuti menurut Tejas Limaye, Ahli Gizi Klinis di India, yang dilansir dari Pink Villa.

1. Bervariasi

Sertakan campuran makanan pokok dari lima kelompok makanan dalam diet termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, daging tanpa lemak, yogurt, keju dan produk susu lainnya untuk mendapatkan semua nutrisi penting.

2. Cukup minum

Orang terkadang tidak bisa membedakan rasa haus dengan lapar. Sering kali haus dikira lapar dan akhirnya makan kalori ekstra. Untuk menghindari itu, minum air agar tetap terhidrasi dan hindari makan berlebihan.

3. Kenali makanan

Pahami makanan dikonsumsi. Seberapa sehat atau tidak sehatnya makanan itu untuk tubuh. Pemahaman ini penting untuk menentukan diet dan jumlah makanan yang ideal. Selalu baca label ketika membeli makanan kemasan.

4. Hindari makanan tinggi gula dan garam

Terlalu banyak makan makanan manis meningkatkan risiko kenaikan berat badan yang tidak sehat dan obesitas yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius dalam jangka panjang. 

Demikian pula terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Jadi batasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula dan garam.

5. Makan sedikit tapi sering

Jika makan lebih sedikit kalori daripada yang dibakar, maka berat badan bisa turun. Tapi sering kali sulit menahan rasa lapar. Lebih baik makan 4-5 kali atau camilan dalam sehari untuk mengendalikan nafsu makan dan berat badan.

6. Menyenangkan

Makan sehat harus nyaman dan menyenangkan. Cobalah bereksperimen dengan rasa baru, resep dan makanan baru di rumah. Sertakan beberapa perubahan kecil yang tercantum di atas untuk membuat diet lebih sehat.

Related

Health 299563738688364442

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item