Ini 5 Cara Memandang Kehidupan yang Membantumu Lebih Tenang Menjalaninya


Naviri Magazine - Kamu pasti pernah merasa gelisah dalam menjalani hidup. Terkadang pikiranmu terganggu lewat sejumlah pertanyaan yang tak semua orang tahu.

Contohnya adalah mimpi yang belum tentu berhasil, atau perihal kejadian menyedihkan yang kamu alami tak kunjung berakhir. Seringnya, hal-hal tersebut membuat orang bertanya-tanya, hingga hidup dalam ketidakpastian dan terbelenggu rasa cemas.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, solusi yang bisa kamu terapkan adalah membiasakan diri untuk mencoba memandang hidup dari perspektif yang lain.

Kamu bisa menerapkan beberapa pola pikir berikut yang dapat membantu mendatangkan rasa tenang dalam dirimu.

1. Hidup berisi segala ketidaksempurnaan

Hakikat hidup yang sebenarnya adalah berisi ketidaksempurnaan. Sehingga segala hal yang ada di dalamnya pun tidak ada yang kekal. Kamu perlu memahami hal ini, agar kamu gak melulu meletakkan harapan pada hal yang gak sempurna ini. Sebab bisa dipastikan ujungnya adalah kekecewaan.

Sebagaimana hidup itu bekerja, maka kamu perlu mencari yang lebih kekal darinya. Ada sesuatu yang lebih besar yang bisa jadikan tempat kembali yang abadi, yaitu Tuhan.

Jika kamu mampu menerapkan pola pikir demikian, maka ketenangan dalam menjalani hidup ini akan kamu dapatkan.

2. Kamu tak bisa memandang hidup hanya dari sisi hitam atau putih saja

Apa yang ada di dalam hidup ini tentu sangatlah beragam. Sehingga kamu tidak bisa memandang hidup hanya dari sisi hitam atau putih, tanpa mengindahkan warna yang lain.

Sebab jika demikian, kamu akan memandang suatu keburukan, kesalahan, atau hal hitam lainnya sebagai sesuatu yang buruk secara mutlak. Begitu pun sebaliknya. 

Namun, dengan mempertimbangkan kedua sisi tersebut, maka kamu akan menjadi orang yang bijak dalam menilai sesuatu. Hal itulah yang akan mendatangkan kedamaian, lantaran kamu terbebas dari rasa kebencian dan perasaan tidak nyaman lainnya.

3. Dalam hidup, selalu ada hal potisif di balik setiap kejadian

Hidup ini juga berisi kejadian yang beragam. Ada senang, sedih, suka, maupun duka. Ketika kamu dihadapkan dengan kejadian menyakitkan, seringnya kamu akan terbelenggu di dalamnya kemudian menolak untuk menerima takdir pahit itu.

Tindakan demikian yang kerap membuat kamu gak bisa menjalani hidup ini dengan tenang. Sehingga kamu perlu menyadari, bahwa di balik setiap kejadian yang tidak menyenangkan, pasti terselip hal positif yang bisa kamu petik hikmahnya.

Dengan begitu, kamu merasa aman dalam menjalani hidup ini. Karena kamu yakin, setiap kesedihan gak akan bertahan lama, setiap kesedihan akan bergulir pada kebahagiaan.

4. Hidup itu adil, karena segala sesuatunya selalu beriringan

Pada dasarnya, semua hal di hidup ini berjalan beriringan. Ada kebahagiaan, ada pula kesedihan. Ada kesuksesan, ada pula kegagalan.

Semuanya sudah diatur dengan porsinya masing-masing. Sehingga tak perlu gelisah, jika kamu sedang berada pada titik terendah. Sebab akan datang masanya kamu berada pada titik puncak. 

5. Hidup berisi serangkaian proses yang panjang

Berdasarkan penjelasan pada poin-poin sebelumnya, dapat dipahami bahwa hidup ini selalu berproses. Perubahan dari duka menuju suka pun perlu waktu yang gak instan. Sebab hidup punya alurnya sendiri yang harus dilalui tahap demi tahap. 

Ibaratnya, buah juga akan matang ketika waktunya sudah tiba. Begitu pula kamu akan mencapai proses yang kamu inginkan, ketika waktumu sudah tiba.

Mulai saat ini, coba untuk berikan kesempatan pada diri sendiri untuk berpikir lebih dalam akan segala sesuatu. Sebab hidup ini sudah selayaknya dijalani dengan rasa damai agar tak datang penyesalan di akhir cerita.

Nikmati prosesnya selagi masih ada kesempatan dan banyak-banyak bersyukur atas segala hal yang ada di masa sekarang.

Related

Tips 1448444551780274098

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item