Ini 5 Hal yang Membedakan Produk Perawatan Kulit untuk Pria dengan Wanita


Naviri Magazine - Seperti yang sudah kamu tahu kalau produk perawatan kulit biasanya memang didominasi oleh produk-produk untuk perempuan. Akan tetapi produk grooming untuk pria saat ini juga makin banyak diproduksi, baik dari brand luar atau lokal. Hal ini mungkin dikarenakan banyak pria yang sudah makin sadar akan pentingnya perawatan kulit dan wajah.

Tapi pernah gak sih kamu bertanya kenapa produk grooming pria dan perempuan dibedakan? Padahal, bahan dasar dan manfaatnya pun sama. Daripada penasaran, berikut ini beberapa hal yang membedakan produk grooming untuk pria dengan perempuan. Baca sampai habis biar paham!

1. Kulit pria lebih tebal dibanding perempuan 

Faktor yang memengaruhi mengapa produk grooming pria harus dibedakan dengan produk perempuan adalah karena pria memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan perempuan. Faktanya, kulit pria biasanya lebih tebal sekitar 20-25% dibandingkan kulit perempuan.  

Ini artinya produk grooming pria biasanya dibuat lebih “keras” untuk menembus kulit pria yang memang lebih tebal. Jadi, kamu harus paham dulu dengan hal ini.

2. Pria punya kulit lebih berminyak  

Beberapa pelajaran ilmiah mendasar yang bisa kita ingat saat masa sekolah dulu adalah pria dan perempuan cenderung memproduksi hormon yang sedikit berbeda. Pria lebih banyak memproduksi hormon testosteron dibandingkan perempuan.

Hormon ini adalah salah satu faktor yang membuat kulit pria menjadi lebih banyak menghasilkan minyak dibandingkan perempuan. Artinya dalam keadaan normal, pria lebih rentan terhadap komedo dan jerawat dibandingkan perempuan.

3. Aroma produk pria lebih kuat 

Produk perawatan pria memiliki aroma khas yang lebih kuat, dan biasanya mencitrakan maskulinitas dibandingkan produk perempuan beraroma lembut. Hal ini mungkin hanya sekadar faktor estetis saja, namun sebenarnya hal ini tidak kalah penting.

Aroma adalah salah satu faktor yang dapat mendongkrak performa kamu. Produk grooming pria yang sudah dirancang memiliki aroma maskulin, bisa jadi hal yang meningkatkan penampilanmu menjadi lebih macho.

4. Kulit pria lebih awet muda 

Para pria mungkin beruntung, karena cenderung memproduksi kolagen lebih banyak dibandingkan perempuan. Hal ini berkaitan dengan proses keriput dan penuaan kulit, proses ini lebih lama terjadi pada pria. Lalu, pria juga cenderung lebih terlihat awet muda dibandingkan dengan perempuan.

Adanya faktor ini menjadikan kulit pria biasanya lebih tahan oleh paparan sinar matahari dibandingkan perempuan, tapi ingat kamu harus tetap memberikan perlindungan seperti menggunakan sunblock atau lotion yang memiliki SPF, karena sinar UV tetap berbahaya untuk kesehatan kulitmu.

5. Pria bisa menggunakan produk grooming perempuan 

Karena bahan yang digunakan pada dasarnya sama atau mirip, kalau memang sedang terdesak sebenarnya sah-sah saja untuk pria menggunakan produk grooming perempuan. 

Hanya saja, karena faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas, berarti membuat produk grooming perempuan sedikit kurang efektif jika digunakan oleh pria. Produk perawatan khusus perempuan cenderung memiliki kadar minyak yang lebih sedikit dan dibuat untuk kulit yang lebih tipis dibandingkan pria.

Sekarang kamu sudah tahu kan kenapa produk grooming pria itu berbeda dengan perempuan? Jangan lupa tetap sesuaikan produk perawatan dengan jenis kulit kamu.

Related

Tips 4539936193401438886

Recent

item