Ini 5 Kebiasaan yang Perlu Dihilangkan Pria, agar Mental Tetap Sehat


Naviri Magazine - Sering tanpa sadar, kita melakukan hal-hal yang sebenarnya akan membebani diri sendiri. Kesehatan mental yang kemudian jadi taruhannya.

Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, berikut ini beberapa hal dan sikap dari pria yang membebani diri dan sebaiknya kamu lepaskan. Ini demi menjaga mentalmu tetap waras! Mau tahu apa aja? 

1. Pura-pura bahagia

Kamu sering membebankan dirimu untuk selalu terlihat bahagia agar tak menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang. Walau maksudnya baik, tidak ingin membuat orang-orang tersayang merasa cemas, tapi memendam perasaan dan berusaha selalu tampil bahagia tidaklah baik.

Dirimu adalah manusia seperti lainnya yang memiliki ragam emosi. Jangan menzalimi dirimu dengan menekan emosi-emosi negatif seperti rasa sedih, gelisah, takut, kecewa atau marah. Lepaskan saja! Selama dalam porsi yang wajar, justru melepaskan emosi negatif dapat mempercepat dirimu pulih seperti sedia kala.

2. Berusaha menyenangkan semua orang

Masih banyak yang berpikir bahwa untuk menjadi orang baik mesti menyenangkan semua orang. Hal inilah yang menjadikanmu selalu berkata iya, padahal hati berkata tidak. Enggan menolak meski hati tersiksa.

Sampai kapan pun, kamu tak akan bisa membuat semua orang senang. Meski telah berbuat baik sekalipun, pasti ada saja yang merasa kurang dan mengkritikmu. Hidup dengan terus berusaha memenuhi ekspektasi orang lain hanya akan membuat lelah batinmu saja.

3. Enggan minta pertolongan

Ada kebanggaan tersendiri ketika kita mampu melalui hal sulit dengan usaha dan keringat sendiri. Tapi jangan sampai keinginan kamu untuk mandiri malah melukai diri.

Kemampuan manusia pasti ada batasnya, sehingga tak berdosa ketika kamu meminta pertolongan orang lain. Selama tidak berlebihan, artinya tidak sampai selalu membebani orang sekitar, maka jangan sungkan untuk meminta bantuan.

4. Menghakimi diri tak bisa apa-apa

Ketika melihat teman-teman lain yang telah sukses dalam karier, sementara berkaca dan melihat hidupmu sepertinya stagnan, akan sangat mudah buatmu tergoda untuk menghakimi diri bahwa kamu tak memiliki keahlian apa-apa. 

Yang perlu kamu sadari, tiap makhluk yang telah diciptakan Tuhan punya peran masing-masing. Skill itu bukan cuma tentang bisa menjalankan program komputer, keahlian di bidang kesehatan, dan lain-lain.

Kemampuanmu untuk menjaga rahasia, kemauanmu untuk menolong orang lain secara total, atau mendengarkan curhatan orang hingga mereka pun nyaman berada di dekatmu adalah skill juga yang perlu kamu perhitungkan dan tidak diremehkan.

5. Membiarkan penyesalan terus menghantui

Kesalahan masa lalu jangan terus disesali. Ambil hikmahnya, sehingga bisa menjadikanmu untuk lebih bijaksana dengan tidak melakukan hal yang sama nanti. Terus menyesali, padahal waktu tak bisa diputar kembali, hanya akan merusak kebahagiaanmu saat ini. Jadi, lepaskan saja beban itu dari pundakmu!

Tetap memelihara sikap-sikap di atas hanya akan membuat kondisi batin jadi tidak tenang karena selalu diliputi stres, rasa cemas, hingga depresi. Tak hanya membuat hidupmu tidak bahagia, berbagai masalah tadi juga bisa memengaruhi kondisi fisik dan membuatmu jadi tidak produktif. Jadi, hindari ya!

Related

Psychology 6006578699307921496

Recent

item