Ini 6 Tanda Kamu Pintar Mengelola Uang, Tahu Besar Pengeluaran!


Naviri Magazine - Meskipun seseorang sudah berpenghasilan, tapi tak menjamin bahwa dirinya juga pandai mengelola uang. Kita sering melihat banyak kasus, orang terlibat hutang yang menumpuk, atau sampai bangkrut. Padahal ia sudah memiliki penghasilan yang besar. 

Nah, ada beberapa tanda kalau kamu termasuk orang yang pandai mengelola keuangan. Yuk, kita tengok apa saja ciri-cirinya!

1. Kamu punya sumber penghasilan lebih dari satu

Kamu sadar, kalau mengandalkan dari satu sumber penghasilan saja sangatlah riskan. Oleh sebab itu, penghasilan yang kamu punya diputar sedemikan rupa, sampai kamu punya sumber pendapatan lebih dari satu sumber.

Jika hal buruk terjadi pada satu pundi penghasilan, setidaknya kamu masih punya pundi-pundi lainnya. Kondisi demikian membuat keuanganmu aman.

2. Kamu tahu berapa besar pengeluaranmu

Walaupun kamu punya banyak uang, tetap saja aliran masuk keluarganya uang terkontrol. Kamu tahu, pengeluaranmu tiap bulan ke mana saja. Dengan mengetahuinya, kamu bisa evaluasi apakah pengeluaranmu itu sudah efektif, atau masih banyak pemborosan.

3. Kamu bisa bayar cicilan dengan lancar

Hutang memang mestinya dihindari. Akan tetapi, selama rasio utang tak berlebihan dari besar pengeluaran, maka sah-sah saja kalau kamu ingin mengambil cicilan.

Karena kalkulasi keuanganmu telah matang, bayar cicilan pun bisa dilakukan dengan lancar dan tak mengganggu keseimbangan keuangan.

4. Kamu bisa membeli hal-hal yang kamu inginkan

Kamu mampu berhemat tanpa harus menjadi pelit. Artinya, kamu bisa membagi pos-pos keuangan dengan bijaksana. Berapa untuk kebutuhan pokok, cicilan, sedekah, hingga untuk bersenang-senang. Semua sudah diatur. Jadi, meski kamu nggak boros, tapi tetap bisa membeli hal-hal yang kamu inginkan.

5. Kamu punya tabungan

Ciri lain kalau kamu pandai dalam mengelola uang adalah penghasilanmu nggak dihabiskan begitu saja. Tetap disisihkan untuk tabungan. Gunanya sebagai ban serep kalau sewaktu-waktu ada pengeluaran yang tak terduga.

6. Kamu merencanakan dulu sebelum membeli sesuatu

Kamu bukanlah tipe pembeli yang impulsif, nggak tahan dengan lapar mata. Itulah yang sering membuat orang jadi boros, atau kesulitan menabung. Sebab nggak ada kontrol terhadap keinginan.

Sementara kamu, ketika ingin membeli atau melakukan sesuatu yang menghabiskan uang tak sedikit, direncanakan dulu. Sebisa mungkin menghindari kredit, dan memilih nabung terlebih dahulu.

Nah, itu dia beberapa tanda kalau kamu termasuk orang yang pandai mengelola keuangan. Pertahankan terus, ya!

Related

Money 4586662774826161692

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item