Ini Pemikiran Salah Kaprah tentang Self Care yang Dipercaya Banyak Orang


Naviri Magazine - Inti dari gerakan self care atau perawatan diri adalah kebutuhan untuk memperbarui semangat dengan memilih kegiatan—atau tidak memilih kegiatan apa pun sama sekali—yang membantu Anda merasa rileks dan segar kembali. 

Self care pada akhirnya adalah tentang mengambil jeda untuk melakukan apa yang Anda butuhkan agar menjadi lebih bahagia, tenang, dan, tentu saja, sehat. 

Namun, nyatanya ada beberapa pemikiran yang salah kaprah tentang self care, yang dipercaya banyak orang, sehingga kadang perawatan diri ini terasa sulit atau membutuhkan usaha dan uang banyak untuk melakukannya. Berikut adalah 2 pemikiran paling salah kaprah tentang self care.  

Self care digunakan sebagai alasan untuk memanjakan diri secara berlebihan 

Self care bukanlah alasan untuk menghabiskan banyak uang atau berlebihan pada saat-saat bahagia untuk “melarikan diri” dari kenyataan hidup, kata Vanessa Kennedy, PhD, direktur psikologi di Driftwood Recovery. 

"Perawatan diri tidak perlu sampai menghabiskan gaji kami untuk melakukan 'terapi’, makan makanan mahal karena Anda 'pantas' setelah seharian bekerja keras, mengambil terlalu banyak waktu dari tanggung jawab, atau membayar spa yang mahal," jelasnya. 

Ketika Anda membuat alasan tersebut untuk diri sendiri, Anda tidak menuai manfaat nyata karena mereka memberikan kepuasan instan tidak akan memberikan dampak jangka panjang. 

Sebaliknya, Vanessa mengatakan bahwa self care harus tentang menciptakan sedikit ruang bernapas untuk kembali ke tugas atau masalah, dengan memiliki mental yang lebih siap untuk menanganinya. 

"Anda [harus] menggunakan perawatan diri untuk memastikan Anda diperlengkapi dengan baik untuk menangani tekanan hidup, bukannya menghindarinya," ujarnya.  

Self care harus dilakukan dengan cara terbaik 

Terkadang, yang menghalangi Anda untuk melakukan self care sendiri secara teratur adalah tekanan untuk menjadikannya yang "terbaik" atau memenuhi harapan yang tidak realistis. 

Seorang yang kaya mungkin bisa pergi ke spa setiap akhir pekan atau memiliki kamar mandi layaknya spa, tetapi menurut Naomi Torres-Mackie, PhD, kepala penelitian di Mental Health Coalition, tidak perlu sesuatu mahal untuk membuatnya bermakna. 

"Ada bentuk perawatan diri yang gratis dan hanya membutuhkan sedikit waktu atau energi, seperti memutar lagu favorit atau makan hidangan favorit Anda. Melihat perawatan diri sebagai sesuatu yang membutuhkan begitu banyak usaha sehingga menjadi luar biasa akhirnya mengalahkan tujuan," kata Naomi. 

Salah satu cara untuk membuat self care lebih mudah dikelola adalah membuat istirahat pendek sepanjang hari sehingga membuat diri Anda bertanggung jawab atas waktu istirahat yang disengaja, kata Ellen Yin, pendiri dan pembawa acara podcast Cubicle to CEO. 

Dia merekomendasikan untuk menjadwalkan diri makan siang jauh dari komputer Anda atau 10 menit untuk berjalan-jalan. Bahkan, jika Anda tidak bisa cuti dua minggu untuk melakukan self care, lakukan cuti setiap dua menit beberapa kali sehari, yang tetap bisa memberikan dampak positif untuk diri sendiri. 

Related

Psychology 474618592439654508

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item