Inilah 5 Tempat Panjat Tebing Tertinggi dan Tergila di Dunia


Naviri Magazine - Kekuatan dan keberanian dibutuhkan bagi mereka yang ingin melakukan panjat tebing. Kalau Anda berani uji nyali dengan memanjat tebing-tebing paling terjal di dunia, datanglah ke 5 tempat ini!

Inilah 5 tempat panjat tebing yang terkenal paling gila di dunia:

1. Campagneplein dormitory, Belanda

Campgneplein sebenarnya bukan dinding yang sengaja dibuat untuk panjat tebing. Adalah arsitek bernama Arons & Gelauff yang mengubah salah satu dinding asrama Universitas Twente di Enschede, Belanda, menjadi arena panjat tebing.

Ini adalah arena panjat tebing tertinggi kedua di Belanda. Melihatnya saja, wisatawan seringkali bergidik melihat ketinggiannya.

Arena panjat tebing Campagneplein Dormitory diisi oleh 2.500 grip atau batu pijakan. Dinding untuk panjat tebing ini selesai dibuat pada tahun 2007. Jika berani, Anda bisa menguji nyali dengan memanjat dinding setinggi 30 meter ini.

Yang paling menantang di arena ini, pemanjat akan ditantang menaklukkan jalur yang tak biasa. Di awal pemanjatan, mungkin Anda akan merasa bisa, tapi tunggu sampai di tengah arena.

Di sana, akan ada lekukan bangunan yang cukup tajam. Di sinilah tantangan yang sesungguhnya menanti. Hanya para pemberani dan penggila panjat tebing saja yang sukses menaklukkannya. Belum jika menengok ke bawah, tanpa disadari Anda telah berada jauh di atas permukaan tanah.

2. Excalibur, Belanda

Kalau masih sanggup memanjat tebing di Campagneplein dormitory, coba tantang diri sendiri memanjat Excalibur. Mendengar namanya saja, para pemanjat dinding profesional sudah merinding. Inilah arena panjat tebing paling tinggi, dan disebut-sebut paling gila di negeri kincir angin tersebut.

Excalibur memiliki tinggi 121 kaki atau 36,8 meter. Tak hanya tinggi, Excalibur juga menawarkan sensasi memanjat tebing yang menegangkan.

Setiap pemanjat akan ditantang lewat medan yang tak biasa. Arena panjat yang bergelombang jadi tantangan terberat. Belum lagi Anda harus menyeimbangkan tubuh melawan gravitasi yang membuat tubuh semakin berat.

Arena ini sengaja dirancang oleh seorang arsitek untuk para pecinta olahraga adrenalin. Setiap pemanjak akan ditantang oleh 24 rute untuk mencapai puncaknya.

Lebih gila lagi, pemanjatan akan semakin sulit dengan kehadiran halangan di tengah arena. Di sinilah keseimbangan Anda diuji. Biasakah Anda melewati rintangan ini dan diketinggian 30 meter di atas permukaan tanah?

3. Historic Banning Mills, AS

Tak hanya Belanda, AS juga punya arena panjat tebing yang tak kalah gila, yaitu Historic Banning Mills. Tebing tinggi ini berada di 205 Horshoe Dam Road, Whitesburg, AS.

Historic Banning Mills pada Desember 2011 tercatat dalam Guinness Book of World Record sebagai climbing wall tertinggi yang berdiri sendiri tanpa sandaran. Jelas saja, dinding ini memiliki tinggi 42 meter.

Historic Banning Mills adalah salah satu dinding panjat tebing yang wajib dicoba para penantang adrenalin. Akan ada banyak rintangan yang menghalangi pemanjat di arena setinggi 42 meter ini.

Ya, Historic Banning Mills bukanlah arena panjat tebing yang biasa. Kalau biasanya Anda menanjak arena panjat tebing yang full dinding, tidak demikian dengan yang ada di Historic Banning Mills.

Di sini, Anda akan diuji ketangkasan dan keberanian dalam memanjat tebing. Setiap penanjak akan diberi medan yang bergelombang. Belum lagi arena panjat yang bentuknya tak menentu, ada yang datar, ada yang menekuk ke dalam. Kekuatan kaki dan cengkraman tangan Anda diuji sepenuhnya!

4. Base Camp, Comm Row Hotel, AS

Jika Historic Banning Mills dirasa kurang tinggi, masih ada lagi tempat panjat tebing di AS yang bisa Anda jajal. Tempat itu ada di Comm Row Hotel, AS.

Adalah Base Camp, nama arena panjat tebing yang berada di dinding luar Comm Row Hotel. Hotel yang beralamat di 255 N Virginia Street, Nevada, AS ini memang menarik perhatian banyak orang.

Tak hanya itu, Base Camp semakin menarik perhatian karena medan yang tidak rata. Anda akan ditantang untuk melalui medan yang permukaannya mirip bebatuan.

Belum lagi arena panjat tebing milik Comm Row Hotel ini memiliki ketinggian 60 meter. Tantangan pun tak hanya dirasakan di tengah penanjakan, tapi sudah ada di awal. Anda diminta mendaki arena yang cukup curam setinggi 30-an meter. Barulah setelah itu, tantangan sesungguhnya menanti Anda.

5. Diga di Luzzone, Swiss

Ketinggian Base Camp yang mencapai 50 meter ternyata belum seberapa dibanding dengan Diga di Luzzone, Swiss. Arena panjat tebing ini memiliki ketinggian 164 meter. Wow!

Uniknya, panjat tebing ini bukan dibuat di dinding hotel atau bangunan lain. Diga di Luzzone dibuat di Bendungan Luzzone, Swiss. Inilah salah satu arena panjat tebing tertinggi di dunia.

Di sini, Anda ditantang untuk bisa menanjak tebing yang medan yang sangat tinggi. Tak main-main, tebing bekas bendungan setinggi 164 meter yang harus ditaklukkan.

Yang membuat penanjakkan ini lebih gila, meski memiliki tinggi ratusan meter, tidak ada tempat untuk beristirahat di sini. Jadi Anda harus terus menanjak tanpa ada waktu untuk istirahat. Siapkan fisik sebelum memulai tanjakan.

Satu tips untuk penanjak di Diga di Luzzone, jangan pernah menengok ke bawah ketika sedang lelah. Ini hanya akan membuat kepala Anda pusing karena telah berada jauh dari tanah.

Jangan mengaku penantang adrenalin jika tak berani menaklukkan Diga di Luzzone di Swiss. Berani mencoba?

Related

Traveling 7735387997259129621

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item