Jakarta dan Pekalongan, Kota di Dunia yang Paling Terancam Tenggelam ke Laut


Naviri Magazine - Pakar Geodesi dan Geomatika ITB Heri Andreas menyebut wilayah pesisir di Indonesia berpotensi tenggelam. Penyebabnya, menurut dia, karena faktor antropogenik atau peran manusia.

“Faktornya yakni banyaknya pembakaran fosil, karbondioksida berlebih, dan efek rumah kaca,” ujarnya saat menjadi pemateri Nusantara tenggelam yang diadakan Forum Kalen bersama dengan STIBI Syeh Jangkung Pati.

Ia mencontohkan Jakarta. Kata dia, Jakarta saat ini merupakan Ibu Kota Negara di dunia yang paling berpotensi untuk tenggelam wilayah pesisirnya.

Selain Jakarta, dia juga menyebut Kota Pekalongan. Menurut dia, Pekalongan merupakan kota di dunia yang paling berpotensi cepat hilang tenggelam ke dalam laut.

Ia mengungkapkan, suhu saat ini meningkat hingga dua derajat dan dampaknya tentu sangat luar biasa.

Ketika suhu di dunia selalu meningkat, katanya, akan berdampak pada cairnya es di kutub utara, sehingga ketika es mencair akan menambah volume air di laut.

“Maka di dunia terjadi kenaikan muka air laut. Di Indonesia ini cukup tinggi, sekitar 1 centimeter mengalami kenaikan air laut,” ujarnya.

Ketika terjadi kenaikan air laut, maka akhirnya skenario es mencair, wilayah pesisir akan berpotensi tergenang, bahkan bisa tenggelam. Dampak tersebut, kata dia, bisa dilihat saat ini, seperti di Jakarta, Semarang, Pekalongan, Demak, dan wilayah lain.

Bahkan ada sebanyak 32 kota mengalami penurunan tanah atau ambles dengan laju 1-20 cm per tahun. “Dampaknya banyak peristiwa rob ditemui di mana-mana,” ujarnya.

Meskipun ada upaya pembuatan tanggul, tetapi rob tetap terjadi karena permukaan air mengalami kenaikan, sedangkan permukaan tanah mengalami penurunan akibat air tanah yang sering digunakan oleh manusia.

Untuk mencegah terjadinya nusantara tenggelam, kata dia, tidak hanya tergantung kepada pemerintah saja, melainkan harus dari diri sendiri dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga, merawat dan melestarikan alam.

Menurut dia, jika peristiwa itu terjadi maka konsekuensi secara ekonominya sangat besar atau bisa mencapai Rp 1.000 triliun. 

Related

Indonesia 4744876653513914323

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item