Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dengan Ikan Lain (Bagian 1)


Naviri Magazine - Keberadaan akuarium tak berfungsi sebagai pemanis ruangan semata, tapi juga menjadi rumah bagi beragam spesies ikan. Namun, tidak semua ikan hias terutama jenis ikan air tawar dapat hidup bersamaan dalam satu wadah.

Agar keseimbangan ekosistem akuarium terjaga dengan baik, penghobi ikan hias dianjurkan untuk tidak sembarangan menambahkan ikan ke dalam akuarium. Ini lantaran ada jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur dan tidak.

Sembarangan mencampur ikan hias tanpa mengetahui karakteristik mereka bisa menimbulkan saling rebut makanan dan teritori, sehingga ikan rentan stres dan tak nyaman.

Lebih parah, ikan bisa saling berkelahi dan memangsa yang dapat menimbulkan masalah lain yang lebih besar. Seperti ikan jadi mudah sakit, mati, bahkan ditelan 'kawan' seakuariumnya.

Tips sebelum Memelihara Ikan Hias

Di samping mengenali jenis-jenis ikan hias air tawar yang dapat hidup bersama, masih ada 3 hal utama yang patut diperhatikan sebelum Anda mencampur berbagai jenis ikan di dalam akuarium.

1. Ukuran akuarium

Pastikan ukuran akuarium yang digunakan dapat mencukupi kebutuhan ikan-ikan yang dipelihara. Hal ini dikarenakan ikan yang hidup secara berkelompok membutuhkan ruang gerak yang cukup supaya tumbuh sehat, aktif, dan terhindar dari stres.

2. Kadar pH air

Pilihlah ikan yang dapat hidup di tempat dengan kadar pH air yang sama hal ini bertujuan agar mereka semua dapat hidup dengan nyaman dan sehat.

Anda juga dapat mengelompokkan jenis ikan berdasarkan jenis makanannya agar lebih mudah dirawat.

3. Gerak renang ikan

Hal lain yang juga patut diperhatikan untuk merawat ekosistem akuarium adalah pilihlah ikan yang memiliki level renang yang berbeda-beda, sehingga setiap ikan memiliki ruang gerak yang cukup karena mereka tidak berdesakan dan menyebar di berbagai penjuru kolam.

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur

Selanjutnya, simak 9 jenis ikan hias air tawar yang bisa hidup ketika dicampur dalam satu akuarium menurut laman PBS Pet Travel.

1. Ikan Neon Tetra

Ikan kecil bernama latin Paracheirodon innesi ini memiliki warna tubuh yang mencolok. Perawatannya juga sangat mudah. Tak heran jika ikan neon kerap menjadi salah satu pilihan terbaik bagi penghobi ikan hias.

Terutama bagi para pemula yang belum memiliki banyak pengalaman dalam merawat ikan hias.

Selain itu, bagi pegiat aquascape, ikan neon tetra bisa jadi pilihan untuk menghidupkan akuarium bersama tanaman hias dan ikan-ikan lainnya. Lantaran ikan hias air tawar aquascape ini biasa hidup dalam kelompok.

Selain itu, mereka juga dapat dengan mudah beradaptasi dengan ikan-ikan lain yang ketika berada di lingkungan baru. Maka tidak heran jika jenis ini menjadi buruan para kolektor ikan hias.

2. Ikan Platy

Ikan air tawar yang bisa hidup bersama jenis lain adalah ikan platy. Ikan yang berasal dari genus Xiphophorus ini memiliki corak warna cerah seperti oranye, biru, perak, dan emas sehingga cocok dijadikan hiasan akuarium di rumah.

Selain itu, ikan kecil ini juga sangat cocok dikembangbiakkan dalam komunitas besar bersama ikan-ikan jenis lain. Hal ini didukung dengan sifat ikan platy yang tenang dan toleran terhadap spesies ikan lain.

3. Ikan Cory Catfish

Bagi Anda yang gemar memelihara ikan hias berukuran kecil, pilihlah ikan cory catfish.

Ikan yang berasal dari keluarga Callichthyidae ini dikenal dengan sifatnya yang tenang dan mudah hidup dengan jenis ikan lain. Sehingga jenis ini kerap menjadi tambahan yang bagus untuk akuarium komunal.

Berkat sifat mereka yang mudah beradaptasi dengan ikan lain itulah yang membuat jenis ini kerap dicari oleh peternak ikan hias.

Tidak hanya mudah bergaul dengan ikan lain, memelihara ikan ini juga mendatangkan manfaat lain salah satunya membuat akuarium Anda menjadi lebih bersih karena kebiasaan alami mereka sebagai pemakan alga.

4. Ikan Guppy

Ikan Guppy atau yang bernama latin Poecilia reticulata ini lebih umum dikenal sebagai ikan pelangi. Mereka merupakan ikan air tawar yang paling banyak tersebar di dunia dan menjadi salah satu spesies ikan akuarium air tawar paling populer.

Selain memiliki warna yang cerah, ikan guppy terkenal jinak dan kuat sehingga mereka mudah berkembang biak di lingkungan baru bersama jenis ikan lain. Karena itu, ikan guppy dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memperkaya koleksi ikan hias air tawar di rumah.

5. Ikan Clown Loach

Ikan air tawar yang hidup berkelompok lain salah satunya ikan Clown loach, atau tiger botia. Ikan yang berasal dari keluarga botiid loach ini adalah ikan air tawar asli dari perairan Indonesia tepatnya pulau Sumatera dan Kalimantan.

Selain banyak diperjualbelikan di dalam negeri, ikan Clown Loach juga banyak dijumpai di perdagangan ikan hias di seluruh dunia.

Tak hanya memiliki warna yang indah, ikan hias khas Indonesia ini juga dikenal mudah dipelihara lantaran cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Mereka juga dikenal sebagai ikan hias yang dapat hidup dengan ikan-ikan jenis lain di akuarium.

Hal ini dipengaruhi sifat mereka yang cukup pemalu sehingga lebih banyak berdiam diri tempat-tempat tersembunyi seperti hiasan terumbu karang dan rumah-rumahan.

Baca lanjutannya: Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dengan Ikan Lain (Bagian 2)

Related

Science 6969012643774627812

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item