Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dengan Ikan Lain (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mitos-mitos Tentang Asal Usul Penciptaan Dunia dan Isinya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

6. Ikan Danio Zebra

Guna memperkaya koleksi ikan hias air tawar di rumah, Anda dapat memilih ikan Danio alias ikan zebra. Ikan yang berasal dari keluarga Cyprinidae ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan mudah ditemukan di kawasan Asia Selatan dan Tenggara.

Ikan yang memiliki pola garis-garis horizontal dengan beberapa bintik atau batang vertikal tersebut umumnya dipelihara di akuarium bersamaan dengan ikan hias air tawar lainnya.

Selain mudah beradaptasi dengan ikan dari jenis lain dalam wadah yang sama, ikan cantik berukuran kecil ini juga dikenal kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi air yang berubah-ubah.

Keunggulan-keunggulan inilah yang menjadikan ikan danio zebra bagus untuk memperkaya koleksi ikan hias di rumah terutama untuk peternak ikan pemula.

7. Ikan Molly

Ikan hias berikutnya yang cocok untuk menemani ikan di akuarium air tawar Anda adalah jenis ikan molly.

Ikan yang bernama latin Poecilia sphenops ini adalah salah satu spesies ikan air tawar yang banyak dipelihara warga. Harganya pun murah meriah.

Terdapat dua jenis ikan molly yang banyak dijumpai di pasaran ikan hias yakni molly sirip pendek dan molly biasa.

Ikan yang berasal dari Meksiko ini kerap mendiami aliran air tawar dan air payau. Selain dikenal memiliki bentuk yang indah, ikan molly juga tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. 

Ikan molly bisa dipilih untuk menemani ikan air tawar lain lantaran sifat mereka yang tenang dan mudah berkembang biak di akuarium bersama.

8. Ikan Green Swordtails

Ikan Green Swordtails merupakan hias air tawar yang mudah berkembang biak bersama jenis lain. Ikan hias tersebut merupakan salah satu spesies ikan air tawar atau air payau yang berasal famili Poeciliidae.

Terlepas dari namanya yang terkesan agresif, ikan ini justru dikenal dengan karakternya yang santai dan relatif mudah beradaptasi dengan ikan-ikan lain dalam wadah yang sama.

Mereka mampu berbagi wilayah dengan ikan lain sehingga cocok untuk menambah koleksi akuarium ikan hias di rumah.

9. Ikan Sapu-sapu

Ikan yang terkenal dengan pembersih akuarium ini tergolong ikan hias air tawar yang bisa dicampur dengan jenis ikan lain karena sifatnya yang tenang. 

Kemudian, ikan hias air tawar yang cocok hidup secara komunal adalah ikan pleco atau yang biasa kita kenal dengan ikan sapu-sapu. Sesuai namanya, ikan bernama latin Hypostomus plecostomus ini biasa menempel di bagian dasar akuarium.

Mereka dikenal memiliki karakter yang tenang dan mudah berbaur dengan ikan jenis lain di dalam tangki. Kendati gampang berbagi wilayah dengan jenis lain, namun ikan sapu-sapu kerap bersaing dengan jenisnya sendiri.

Jadi jika Anda ingin memelihara lebih dari satu ikan sapu-sapu, disarankan untuk menyediakan banyak ruang dan tempat untuk bersembunyi.

Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar yang bisa hidup jika dicampur dengan jenis lain.

Agar ikan hias Anda dapat hidup lebih sehat, pastikan ikan yang dipelihara juga memiliki pola makan yang sama sehingga dapat mempermudah Anda dan memastikan mereka semua mendapatkan nutrisi yang tepat.

Related

Science 724699430265119606

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item