Kapan Pria Boleh Menikah Lagi Setelah Bercerai, Menurut Ajaran Islam?


Naviri Magazine - Iddah merupakan istilah suatu masa seorang wanita menanti atau menangguhkan perkawinan setelah ia ditinggal mati suaminya, atau setelah diceraikan. Sebuah ajaran yang bertujuan untuk menjaga keturunan dan memastikan rahim perempuan itu benar-benar bersih sebelum memutuskan menikah kembali.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah adakah masa tunggu bagi pria setelah bercerai? Adakah istilah iddah bagi laki-laki? Kapan seorang pria bisa menikah lagi setelah bercerai?

Para ulama menjelaskan, pada dasarnya masa iddah merupakan ketentuan yang hanya diwajibkan atas wanita. Para fuqaha berpendapat bahwa setelah bercerai dari istrinya, seorang pria bisa menikah lagi dengan orang lain tanpa ada masa iddah, terlebih bagi pria yang istrinya meninggal dunia. Namun, memang ada dua kondisi yang membuat seorang pria harus menjalani masa tunggu untuk menikahi wanita lain.

Kondisi tersebut adalah jika ada seorang laki-laki yang menalak istrinya dengan talak raj'i , kemudian dia ingin menikahi seorang yang tidak boleh dikumpulinya, seperti saudara perempuan istri, maka pria tersebut tidak boleh menikah hingga iddah istri pertama selesai.

Kondisi kedua adalah jika seorang suami mempunyai empat istri, dan dia menalak raj'i salah satunya untuk menikah yang kelima, maka dia tidak boleh menikah dengan yang kelima hingga iddah istri yang ditalak selesai.

Adapun pemakaian istilah iddah bagi laki-laki, para ulama berbeda pendapat dalam mendefinisikan masa penantian yang harus dijalani seorang laki-laki dalam dua kondisi tersebut. Ulama dari kalangan Hanafiyah berpendapat bahwa penantian tersebut tidak dikatakan iddah secara syar'i. 

Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Wahbah Zuhaili dalam kitab 'al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu' bahwasanya seorang laki-laki tidak mempunyai masa iddah, penantian tersebut hanyalah penantian wajib yang harus dilalui disebabkan adanya Mani' syar'i (larangan syar'i).

Dr. Hamdallah al-Safty, anggota World Organization of Al-Azhar Graduates menekankan istilah iddah hanya untuk wanita. Adapun jika ada yang menyebut periode penantian untuk dua kondisi di atas disebut adalah perumpamaan saja. 

Related

Moslem World 42123499792368613

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item