Kisah Chef Arnold Poernomo, Kesuksesannya Berawal dari Cuci Piring


Naviri Magazine - Siapa sih yang gak tahu Chef Arnold Poernomo? Dikenal sebagai salah satu celebrity chef ternama di Indonesia, perjalanan karier Arnold Poernomo tak selalu mudah. Kecintaannya terhadap dunia kuliner sudah ia rasakan sejak kecil dan membawanya ke posisi saat ini.

Meski sudah melanglang buana di dunia kuliner Indonesia, ada beberapa fakta unik Chef Arnold dalam perjalanannya menjadi seseorang yang sukses seperti sekarang. Yuk, simak biografi singkat Chef Arnold Poernomo berikut ini!

Terlahir dari keluarga pencinta kuliner

Kecintaan Arnold terhadap dunia kuliner ternyata berasal dari keluarganya. Arnold tumbuh di keluarga yang sudah menggeluti dunia kuliner sejak lama. Neneknya merupakan pemilik restoran dan seorang koki. Sedangkan Ibunya, Boyke Malada, dikenal sebagai pastry chef dengan usaha yang sama.

Awalnya, Arnold tak ada keinginan untuk terjun ke dunia kuliner. Namun, ketika berusia sepuluh tahun, ia dan keluarganya memutuskan pindah ke Sydney, Australia. Sejak itulah impian pria berumur 32 tahun ini berubah.

Kemampuan memasak didapatkan dengan otodidak

Kemampuan dan teknik memasak yang Arnold miliki ternyata murni ia dapatkan secara otodidak. Pria yang kini sudah menjadi ayah ini tak pernah mengikuti sekolah memasak ataupun sertifikasi resmi sebagai koki.

Pengalaman pertamanya terjun ke dunia kuliner saat ia berada di Sydney, Australia, dengan menjadi junior kitchen hand di kafe dekat rumahnya. Pekerjaan tersebut mengharuskan Arnold membersihkan dapur, termasuk mencuci piring.

Bermula dari hanya mencuci piring, Arnold akhirnya memberanikan diri untuk mencoba pekerjaan lain. Misalnya menjadi barista, pelayan, hingga bartender, hingga akhirnya bisa menjadi koki terkenal seperti sekarang.

Menuai sukses dengan menjadi juri MasterChef Indonesia

Pada 2010, Arnold kembali ke Indonesia setelah mendapatkan tawaran untuk bekerja di restoran di Jakarta Selatan. Keputusan tersebut ternyata membuka peluang beras bagi kariernya. Ia sempat menjadi juri tamu pada MasterChef Indonesia musim kedua dalam episode ProChef Challenge.

Setelah penampilannya yang memukau, Arnold kembali diundang dalam acara adu bakat memasak tersebut. Namun, bukan lagi sebagai tamu, melainkan sebagai juri tetap MasterChef Indonesia.

Posisi tersebut masih ia pegang hingga kini bersama dua koki ternama lainnya, yakni Juna Rorimpandey dan Renata Moeloek. Sejak saat itulah namanya semakin tenar dan kerap disandingkan dengan koki legendaris Indonesia lainnya.

Melebarkan sayap dengan berbisnis kuliner

Tak mau puas dengan hasil yang diraih, Arnold melebarkan kesuksesannya dengan berbisnis di bidang kuliner. Pada 2016, ia bersama sang istri memutuskan membuka kedai es krim di Surabaya, yakni Bebini Gelati.

Ia juga membuka restoran lainnya. Seperti Laci Restaurant di Bali dan Nomz Kitchen & Pastry di Jakarta. Baru-baru ini, pria asli Surabaya ini pun berkolaborasi dengan putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, membuka kedai bernama Mangkokku pada 2019.

Selain memiliki usaha kuliner di dalam negeri, Arnold juga memiliki bisnis yang dirintis bersama keluarga di Sydney, Australia. Namanya KOI Dessert Bar & Dining dan Monkey's Corner. Ia membangun usaha tersebut bersama dua saudara kandungnya, Ronald Poernomo dan Reynold Poernomo.

Related

Indonesia 8900567635463673079

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item