Kisah Cinta Politisi dengan Agen Rahasia Wanita yang Mengguncang Dunia


Naviri Magazine - The Profumo Affair tahun 1963 adalah skandal politik yang menggegerkan dunia pada masanya. Sebutan itu sesuai nama pelaku skandal, John Profumo, Sekretaris Negara untuk urusan Perang Inggris, berselingkuh dengan seorang mata-mata Rusia, Chritine Keeler, yang menyamar jadi gadis panggung.

Kasus memalukan ini kontan menjatuhkan reputasi John Profumo yang kemungkinan tidak tahu kalau wanita yang dikencaninya itu adalah mata-mata. Namun di hadapan House of Commons, Profumo membantahnya habis-habisan. Ia menyangkal memiliki hubungan dengan wanita cantik itu.

Skandal ini membuat Perfumo dipaksa mengundurkan diri. Ikut menjadi ‘korban’ dari perbuatan Profumo ini adalah Perdana Menteri, yang ikut rusak reputasinya. Tahun berikutnya, Harold MacMillan pun mengundurkan diri dengan alasan sakit. ‘Korban’ skandal ini merembet ke mana-mana, termasuk partai perdana menteri yang ikut terpuruk.

Skandal ini juga mengubah cara media dalam meliput skandal seks politik, di mana tidak ada lagi yang ditutup-tutupi, membongkar tuntas semuanya, sekaligus menghancurkan integritas para politisi dan membawa jatuhnya pemerintahan.

Related

International 1859037366955970853

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item