Kisah Penciptaan Bumi dan Manusia-manusia Pertama di Dunia, Menurut Mitos Persia


Naviri Magazine - Dewa paling tinggi dalam mitos Persia Ahura Mazda yang menciptakan dunia, dan Alborz Mo, pengunungan yang tumbuh 800 tahun hingga akhirnya mencapai langit. Dari sana hujan turun dan membentuk laut Vourukasha dan dua sungai utama. 

Binatang pertama di dunia adalah kerbau putih yang hidup di pinggir sungai Veh Rod, namun dewa jahat Persia, Angra Mainyu, membunuhnya. Bibitnya dibawa ke bulan dan dimurnikan, lalu terciptalah binatang-binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Di seberang sungai, hidup manusia pertama, Gayomard, bercahaya seperti matahari. Angra Mainyu juga membunuhnya. 

Matahari memurnikan bibitnya selama 40 tahun, kemudian tumbuh tanaman kelembak (tanaman dengan tangkai banyak air untuk dimasak). Tanaman ini tumbuh menjadi Mashya dan Mashyanag, manusia yang pertama. 

Dalam mitos agama Penyembah Api, pertempuran antara dewa paling tinggi Ahura Mazda dengan dewa jahat Angra Mainyu berlangsung selama 12.000 tahun. Dalam 3000 tahun pertama, dunia cemerlang Ahura Mazda dan dunia gelap Angra Mainyu bersama-sama eksis. Umat manusia paling awal juga digoda dan disesatkan oleh kejahatan dan kegelapan.

Angra Mainyu tidak membunuh Mashya dan Mashyanag seperti membunuh kerbau putih, namun ia menyesatkan mereka agar menyembah dia. 

Setelah 50 tahun, mereka melahirkan sepasang anak. Di bawah arahan sesat Angra Mainyu, sepasang suami istri itu memakan anaknya sendiri, hingga berdosa terhadapnya. Setelah itu dewa tertinggi Ahura mengembalikan sifat hakiki Mashya dan Mashyanag. Setelah itu makin banyak anak yang lahir, mereka akhirnya menjadi manusia yang paling awal.

Related

Science 3718489806941437768

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item