Mengenal Borderline Personality Disorder: Ketika Orang Sulit Menjalin Hubungan


Naviri Magazine - Ariel Tatum menceritakan pengalamannya dengan gangguan kepribadian ambang atau borderline personality disorder (BPD). Dia mengaku mengalami gangguan ini sejak remaja, namun baru diketahui jenis gangguannya sejak berusia 18 tahun.

Gangguan kesehatan mental ini membutuhkan waktu panjang untuk dideteksi, bahkan sulit membuatnya memiliki hubungan romantis. "Tidak stabil, untuk membangun hubungan romantis memang sulit sekali buat aku dari dulu, butuh perjuangan lebih dari orang-orang biasanya," ujar Ariel Tatum.

Melansir laman Very Well Mind, gejala borderline personality disorder termasuk hubungan pribadi yang intens, tidak stabil, dan bertentangan. Intinya, pengidap BPD seringkali takut orang lain akan meninggalkannya. 

Namun, mereka juga bisa tiba-tiba berubah menjadi merasa tertahan dan takut akan keintiman, yang membuat mereka menarik diri dari hubungan. Hasilnya adalah bolak-balik yang konstan antara permintaan cinta atau perhatian dan penarikan atau isolasi tiba-tiba.

Gejala BPD lain yang secara khusus berdampak pada hubungan disebut sensitivitas pengabaian. Hal ini dapat membuat penderita BPD terus-menerus memperhatikan tanda-tanda bahwa seseorang mungkin meninggalkan mereka dan menafsirkan bahkan peristiwa kecil sebagai tanda bahwa pengabaian akan segera terjadi.

Keluhan umum lainnya dari orang yang dicintai dalam hubungan borderline personality disorder adalah kebohongan. Meskipun berbohong dan menipu bukanlah bagian dari kriteria diagnostik formal untuk BPD, banyak orang yang dicintai mengatakan bahwa berbohong adalah salah satu masalah terbesar mereka; ini bisa jadi karena BPD menyebabkan orang melihat sesuatu dengan sangat berbeda dari yang lain.

Seksualitas impulsif adalah gejala klasik BPD lainnya, dan banyak orang dengan BPD bergumul dengan masalah seksualitas. 

Selain itu, sebagian besar penderita BPD mengalami pelecehan seksual pada masa kanak-kanak, 2 yang dapat membuat seks menjadi sangat rumit. Terakhir, gejala BPD lainnya, termasuk impulsif, melukai diri sendiri, 1 dan gejala disosiatif, yang dapat berdampak tidak langsung.

Misalnya, jika orang yang dicintai dengan BPD terlibat dalam perilaku impulsif seperti berbelanja, hal itu dapat menyebabkan stres besar dalam keluarga. Selain itu, gerakan ingin bunuh diri bisa menjadi hal yang menakutkan bagi pasangan romantis dan dapat menimbulkan banyak tekanan dalam hubungan.

Penelitian telah mengkonfirmasi bahwa orang dengan borderline personality disorder cenderung memiliki hubungan romantis yang sangat kacau yang ditandai dengan banyak kekacauan dan disfungsi. Sebagai contoh, satu penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan gejala BPD melaporkan stres hubungan kronis yang lebih besar dan konflik yang lebih sering. Selain itu, semakin parah gejala BPD seseorang, semakin sedikit kepuasan yang dilaporkan mitra mereka.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa gejala borderline personality disroder dikaitkan dengan lebih banyak hubungan asmara dari waktu ke waktu, dan lebih banyak kejadian kehamilan yang tidak direncanakan pada wanita. 

Orang dengan BPD juga cenderung memiliki lebih banyak mantan pasangan dan cenderung memutuskan lebih banyak hubungan. di jejaring sosial mereka dibandingkan orang tanpa gangguan kepribadian.

Related

Psychology 8377707010343650145

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item