Mengenal Machine Learning, Mesin Cerdas Pengolah Data


Naviri Magazine - Machine learning atau mesin pembelajaran memiliki definisi dasar, yaitu algoritma yang mengolah data, mempelajari data tersebut, dan menerapkan apa yang telah dipelajari untuk membuat keputusan. Apa yang telah dipelajari oleh machine learning akan memberikan prediksi untuk suatu tujuan.

Konsep ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan, yang telah 'dilatih' untuk menggunakan data dalam jumlah besar, dan algoritma yang membuatnya dapat mempelajari bagaimana melaksanakan sebuah tugas.

Contoh sederhana algoritma machine learning bisa dilihat pada layanan streaming music on demand. Untuk memberikan daftar lagu baru atau musisi yang akan direkomendasikan, algoritmanya akan berkaitan dengan preferensi si pendengar dengan jenis musik yang mirip.

Machine learning telah memperkuat semua proses otomatisasi dan tersebar di berbagai industri, mulai dari perusahaan keamanan yang memburu malware, hingga perusahaan e-commerce yang menggunakannya untuk mempelajari produk yang paling disukai konsumen.

Algoritma dari machine learning memang kompleks, tapi masih sangat 'mesin', artinya ia hanya mampu melakukan apa yang telah dirancang oleh penciptanya. Tidak lebih, tidak kurang.

Related

Technology 815760762008035669

Recent

item