Menurut Survei, Mayoritas Milenial Bergaya Hidup Boros: Ini Penyebabnya


Naviri Magazine - Cara mengatur finansial memang sebaiknya dilakukan sejak dini, sehingga ketika nanti sudah beranjak dewasa, mereka dapat mengatur finansialnya secara baik. Sayangnya, saat ini sekitar 85% anak milenial mempunyai finansial yang kurang baik.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan finansial yang dimiliki anak milenial menjadi kurang sehat. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Gaya hidup boros

GoBanking Rates melakukan survei yang menunjukkan hasil bahwa generasi milenial ternyata jauh lebih boros dibanding generasi-generasi lainnya.

Penyebab gaya hidup boros ini adalah pengeluaran untuk hal-hal yang bukan prioritas seperti kopi, pakaian, makan di luar, alkohol, nonton konser, dan masih banyak lagi.

Hal-hal ini tentu saja menimbulkan tanda keuangan tidak sehat meski gaji tinggi. Padahal, uang yang dikeluarkan untuk gaya hidup yang cukup menguras dompet ini seharusnya bisa ditabung untuk keperluan lain yang lebih penting.

Memang, tidak mudah untuk menahan keinginan membeli barang-barang yang kamu sukai. Akan tetapi, jika gaji terus-menerus habis setiap bulannya, kapan akan mapan?

Kebutuhan hidup khususnya di hari tua akan terus bertambah, jadi, penting untuk mempersiapkan dirimu untuk hal itu.

2. Banyak millennial tak tertarik berinvestasi

Salah satu permasalahan utama mengapa generasi milenial masih relatif rendah dalam literasi keuangan adalah kurangnya kesadaran untuk mempelajari cara mengelola keuangan pribadi. 

Walaupun sekarang info mengenai finansial sudah banyak beredar di media apapun, tetapi karena ketertarikan terhadap finansial yang masih sangat minim, menjadikan generasi ini kurang pengetahuan mengenai masalah ini.

Dengan semakin berkembangnya sektor finansial dan teknologi, generasi milenial sebenarnya akan semakin memiliki banyak pilihan yang memudahkan pengelolaan keuangan mereka. Oleh karena itu, jika mereka hanya mengetahui sekedar tabungan, deposito atau kartu kredit, maka ke depannya mereka akan ketinggalan perkembangan dari dunia finansial.

Padahal seharusnya generasi milenial lebih aware dengan tren finansial, bukan hanya tren fashion atau teknologi karena sumber informasi finansial yang disajikan lebih banyak. Terlebih lagi, informasi seputar finansial sekarang dikemas lebih baik dan dapat dikonsumsi dengan mudah, salah satunya melalui media sosial.

Generasi pengguna media sosial ini dapat mem-follow akun-akun yang membahas informasi seputar finansial untuk tetap mendapat asupan informasi keuangan dan terhindar dari masalah-masalah finansial yang ada.

3. Banyak hutang salah satunya bersumber dari kartu kredit

Bagi sebagian orang kartu kredit bisa menjadi suatu alat pembayaran yang sangat memudahkan transaksi finansial, tak terkecuali generasi milenial. Padahal dengan memiliki kartu kredit risiko terlilit hutang semakin tinggi, akan tetapi para milenial sangat menyukai penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayarannya.

Salah satu kesalahan utama penggunaan kartu kredit adalah menyangka bahwa kartu kredit sebagai sarana mendapatkan uang tambahan untuk bertransaksi. Yang seringkali tidak disadari adalah besarnya bunga dan denda apabila terlambat membayar tagihan kartu kredit.

Maka dari itu, sangat disarankan jika porsi hutang atau cicilan tidak melebihi 30% dari pendapatan bulanan supaya pembayaran hutang kartu kredit tidak menjadi beban berat dan dapat dilunasi tepat waktu.

4. Malas menabung menjadi permasalahan millennial

Jika nominal tabunganmu nol, tanda inilah yang menunjukkan keuangan tidak sehat. Muda-mudi usia 20 hingga 30 tahun idealnya menabung sekitar 20% dari penghasilan setiap bulan.

Agar bisa segera mapan sebelum terlambat, mulailah menyisihkan uangmu untuk ditabung setiap bulannya. Mungkin, jika 20 persen terlalu sulit, kamu bisa mulai dari 5%, kemudian 10%, dan naik ke 15% hingga 20%. Makin baik jika lebih banyak lagi.

Dengan tips berikut diharapkan kamu bisa mulai mensonteknya. Yuk, mulai atur keuangan kamu untuk masa depan lebih baik.

Related

Money 857294887962632419

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item