Mitos Norwegia tentang Asal Usul Bumi dan Manusia: Dari Asgard sampai Yggdrasil


Naviri Magazine - Dalam mitos Norwegia, sebelum bumi muncul ada dua dunia: Muspell adalah sebuah tempat cahaya dan panas, api baranya sangat panas, siapa yang bukan asli dari sana tidak akan bisa bertahan. 

Surt duduk di perbatasan Muspell, menjaga daratan tersebut dengan pedang yang membara. Pada akhir dunia, dia akan mengalahkan semua dewa dan membakar semua dunia dengan apinya.

Di luar Muspell, terletak kehampaan yang besar dan menguap, namanya Ginnungagap. Ginnungagap terletak dalam kegelapan, ruang lingkup dingin dari Niflheim. Niflheim adalah daratan yang dingin dan beku. 

Es, salju, angin, hujan dan dingin terpancar dari Niflheim, ketemu di Ginnungagap menjadi udara lembut, panas, cahaya dan udara lembut dari Muspell. Ketika dingin dan beku dari Nifheim dan api bara dari Muspell bersentuhan, terjadilah tetesan yang mencair. Cairan yang mengalir ini bergerak ke nenek moyang manusia raksasa, Ymir.

Ymir tidur nyenyak. Di bawah lengan kirinya tumbuh seorang pria dan seorang wanita. Dari salah satu kakinya muncul anak lelaki, dan lainnya. Ini adalah awal permulaan manusia raksasa yang mencair. Cairan salju tersebut kemudian berubah menjadi sapi raksasa yang disebut Audhumla. 

Empat sungai susu mengalir dari puting susunya, dan ia memberi minum Ymir. Sapi tersebut menjilat es asin yang beku. Setelah sehari, dia membebaskan rambut seorang pria dari es tersebut. Setelah dua hari, kepalanya muncul. Pada hari ketiga seluruh tubuh pria tersebut muncul. Namanya Buri, dia tinggi, kuat dan tampan.

Buri mempunyai seorang anak lelaki namanya Bor. Bor menikah dengan Bestla, anak perempuan dari manusia raksasa. Bor dan Bestla memiliki tiga anak laki-laki: Odin, Vili, dan Ve'. Dipercaya bahwa Odin adalah penguasa langit dan bumi. Dia adalah paling besar dan paling populer di antara semua pria.

Ketika Ymir jatuh, dari lukanya mengalir darah yang membanjir, hingga semua raksasa beku cair, kecuali raksasa Bergelmir. Dia melarikan diri bersama istrinya dengan memanjat ke Lur (sebatang pohon yang kosong di dalamnya, dan bisa berfungsi sebagai perahu). Dari sana berkembang keluarga raksasa cair.

Anak laki Bor kemudian membawa Ymir ke tengah Ginnungagap dan menciptakan dunia darinya. Dari darahnya, mereka membuat laut dan danau; dagingnya dibuat bumi; rambutnya dibuat pepohonan; dan tulangnya dibuat gunung. Mereka membuat batu dan kerikil dari gigi dan taring dan tulangnya yang hancur.

Dwarfs terjadi dari daging Ymir dan menjadi hidup. Dengan perintah Tuhan, mereka mendapatkan pemahaman manusia dan muncul di antaranya, walaupun mereka hidup di bumi dan di batu. 

Dari tenggorak Ymir, anak Bor menciptakan langit dan mengaturnya di atas langit dengan empat penjuru. Di setiap penjuru, mereka meletakkan sebuah dwarf, namanya Timur, Barat, Utara dan Selatan. 

Mereka mengambil bintang dan membakar bara api yang terbang melewati setelah mereka meledakan Muspell, dan menempatkan mereka di tengah-tengah Ginnungagap untuk memberikan cahaya ke surga dan di bawah bumi.

Mereka kemudian menempatkan lokasi bintang tersebut. Bumi dikelilingi oleh laut yang dalam. Anak Bor memberikan daratan dekat laut untuk tempat tinggal keluarga raksasa. 

Untuk melindungi mereka dari musuh raksasa, anak Bor kemudian membuat pegangan pulau dengan menggunakan kening Ymir. Mereka namakan itu Midgard. Ketika berjalan sepanjang pantai, anak Bor menemukan dua pohon, dia kemudian menciptakan sepasang pria dan wanita dari pohon tersebut.

Odin memberi spirit dan kehidupan pada pria dan wanita tersebut. Vili memberi mereka pemahaman dan kekuatan bergerak, Ve' memberi mereka pakaian dan nama. Yang pria disebut Ask (Ash) dan yang wanita disebut Embla (Elm). Ask dan Embla menurunkan ras pria yang hidup di Midgard.

Di tengah dunia ini, anak Bor membangun benteng kuat untuk mereka, namanya Asgard. Generasi berikutnya disebut Troy. Tuhan dan keluarganya hidup di Asgard, dan banyak kejadian yang terkenang terjadi di sini. 

Di Asgard, ada bangunan besar namanya Hlidskjálf. Odin duduk di sana pada kursi tinggi. Dari sana dia bisa melihat seluruh dunia, dan dapat melihat apa yang dilakukan setiap orang. Dia memahami semua yang dilihatnya.

Odin menikah dengan Frigg, anak Fjörgvin. Keluarga ini menjadi semua keluarga yang menghuni Asgard kuno, dan kerajaan tersebut menjadi miliknya. Anggota keluarga ini disebut Æsir, dan mereka semuanya dewa. 

Ada alasan mengapa Odin disebut Bapak dari semuanya. Dia adalah Bapak dari semua Tuhan dan pria dari semuanya, yang diciptakan oleh kekuatannya. Bumi adalah anak perempuan Odin dan juga istrinya. Mereka punya anak sulung, namanya Thor. Karakter Thor berkuasa dan kuat. Dengan itu dia mendominasi semua kehidupan.

Tuhan membuat jembatan dari bumi ke surga yang disebut Bifröst. Ada yang menyebutnya pelangi. Ia mempunyai tiga warna dan sangat kuat, bila dibandingkan dengan struktur lainnya. Ia dibuat dengan kecekatan dan kecerdasan tinggi, namun sangat kuat. Ia akan putus bila anak Muspell menaikinya. 

Bifröst adalah jembatan bagus, namun di dunia ini tidak ada yang bisa diandalkan jika anak Muspell sedang berperang. Sanksi dari Tuhan adalah pohon Ash, yaitu Yggdrasil. Mereka mengadakan pengadilan harian. Yggdrasil adalah yang paling bagus dan paling agung dari semua pohon. Ranting-rantingnya berkembang ke seluruh dunia dan naik ke atas mencapai surga.

Related

Mistery 7646638667997521752

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item