Orang yang Sering Merasa 'Nggak Enakan', Akan Merasakan Dampak Buruk Ini


Naviri Magazine - Apakah kamu termasuk seseorang yang sering merasa 'nggak enakan'? Ternyata sifat tersebut dapat membawa beragam dampak negatif buat diri kamu sendiri, lho! Terutama kesehatan mental kamu sendiri.

Berikut ini beberapa dampak buruk yang bisa terjadi jika seseorang sering merasa nggak enakan. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Mudah Dimanfaatkan Orang Lain

Memang menjadi bermanfaat untuk orang lain adalah hal yang baik, tetapi tidak selamanya hal tersebut baik untuk kedua belah pihak. 

Sifat kamu yang nggak enakan dapat menjadi sasaran empuk orang egois dan tidak tahu diri untuk memanfaatkan kebaikanmu. Karena mereka tahu kamu akan selalu bilang “iya” dan menuruti permintaan mereka tanpa penolakan.

2. Tidak Dapat Menolak Permintaan

Kamu tidak dapat berkat “tidak” terhadap segala sesuatu, karena kamu takut untuk menolak berbagai permintaan orang lain. Hal tersebut merupakan dampak yang paling familiar namun di samping itu sifat takut untuk menolak dapat menjadi efek buruk bagi diri kamu sendiri.

Jika kamu menolak permintaan bukan berarti kamu jahat, namun justru itu merupakan bukti bahwa kamu berpegang teguh pada pendirian kamu. Jadi jangan takut bilang “tidak” pada segala sesuatu yang memang seharusnya tidak dapat kamu terima.

3. Dipandang Remeh

Tidak jarang orang yang memiliki sifat nggak enakan dipandang remeh oleh orang lain, karena mereka tahu pasti kamu tidak akan pernah memberontak. Jadi, terkadang orang yang tidak tahu diri meremehkan kamu dan menganggap kecil perasaanmu. 

Tentunya hal tersebut bukanlah hal yang baik buat diri kamu sendiri, karena dengan membela diri bukan berarti kamu jahat.

4. Mengabaikan Diri Sendiri

Dampak buruk lainnya dari sifat nggak enakan adalah kamu lebih cenderung memikirkan orang lain daripada dirimu sendiri. Kamu menomorduakan kebahagiaan ataupun berbagai kesempatan karena tidak ingin bersaing atau dengan orang lain.

Sifat tersebut dapat mengganggu kesehatan mental dan kebahagiaan kamu. Jika kamu selalu memikirkan orang lain, lantas kapan kamu memikirkan kebahagiaan untuk dirimu sendiri? Sesekali sifat egois itu perlu.

5. Melelahkan Pikiran dan Hati

Tentunya terkadang sifat nggak enakan akan membuat pikiran dan hatimu lelah. Karena kamu selalu mementingkan orang lain dibandingkan dirimu sendiri. 

Kamu berusaha untuk terlihat sempurna di mata mereka, tanpa ingin meninggalkan kesan buruk ataupun menyinggung perasaan orang lain. Tetapi tidak semua hal harus kamu usahakan untuk kebahagiaan orang lain, istirahat, dan perhatikan pikiran serta hatimu juga.

6. Selalu Merasa Bersalah

Kamu akan selalu mengalah demi menghindari perselisihan dan kamu selalu merasa bersalah meskipun posisinya kamu benar. Sifat tersebut justru merugikan kamu, karena orang yang melihatmu selalu mengalah akan bersifat sesuka hati mereka karena mereka tahu kamu akan terus mengalah tanpa memberontak.

Itu beberapa dampak buruk bagi seseorang yang merasa nggak enakan. Kamu akan kelelahan baik fisik ataupun batinmu juga untuk memenuhi kebahagiaan orang lain tanpa memperhatikan kebahagiaan diri sendiri.

Bersikap baiklah sesuai porsinya dan berusahalah untuk bersikap tegas pada sifat ga enakan tersebut. Sebab, kebahagiaan dan kesehatan mental juga penting untuk diperhatikan.

Related

Psychology 7128902161285568904

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item