Pertempuran Adwa, Kisah Perang Besar Pasukan Italia Melawan Bangsa Afrika


Naviri Magazine - Kekalahan Italia atas bangsa Afrika selama periode imperialisme Afrika, menjadikan Ethiopia sebagai simbol kebebasan di seluruh dunia Afrika. 

Menurut Black Past, pembukaan Terusan Suez pada tahun 1869 membuat Italia menaruh minat di Afrika Timur. Mereka akhirnya menginjakkan kaki di Afrika pada tahun 1885, dan tahun 1890 mereka mendirikan negara koloni Eritrea.

Selama periode ini, mereka juga menjalin hubungan baik dengan Ethiopia. Pada tahun 1889, Kaisar Yohannes IV meninggal, dan Menilek II naik tahta. Menilek II menjalin kerja sama dengan Italia, dan bangsa Eropa memberinya persenjataan modern. Tujuh tahun kemudian, Melinek II menggunakan senjata tersebut untuk melawan musuh-musuhnya. 

Menurut Origins, konflik ini dimulai ketika Italia menjanjikan Ethiopia menjadi protektorat, namun tak kunjung diwujudkan, meskipun Melinek II sendiri menolak interpretasi ini. Kedua belah pihak pun melakukan pertempuran bersenjata, terutama Italia yang ingin menguasai Ethiopia.

Karena tidak tahu jumlah tentara Ethiopia dan tekanan dari politisi Italia, sekitar 15.000 tentara Italia diserbu 100.000 orang Etiopia. Italia pun kalah dan dipaksa keluar dari Ethiopia. Pada Perjanjian Addis Ababa, kedaulatan Ethiopia diakui, dan Italia dihina karena kegagalan invasi mereka. 

Related

History 2695518401228811540

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item