Pertempuran Midway, Kisah Perang Dahsyat Pasukan Amerika Melawan Jepang


Naviri Magazine - Setelah pemboman Pearl Harbor dan penaklukan koloni Pasifik, AS bersiap untuk memasuki Perang Dunia II dalam perang dua front melawan Jepang di Asia, Jerman, dan Italia di Eropa. Enam bulan setelah serangan Pearl Harbor, AS, menurut Britannica, mengakhiri ancaman invasi Jepang di Pasifik dengan kemenangan di Pertempuran Midway. 

Invasi Jepang di Midway diketahui oleh pemecah kode AS, menurut National WWII Museum. Pada awal 4 Juni 1942, tentara Jepang menyerang dan merusak pangkalan di Midway, Jepang tidak mengetahui bahwa AS telah pindah ke bagian timur pulau, dan AS pun melancarkan serangan balasan ketika Jepang berbalik untuk mengisi bahan bakar dan mempersenjatai diri. 

Dalam dua hari, Jepang kehilangan 3.057 tentara, empat kapal induk, satu kapal penjelajah, dan ratusan pesawat, sementara AS kehilangan sekitar 362 tentara, satu kapal induk, satu kapal perusak, dan 144 pesawat.

Menurut War on the Rocks, kemenangan tersebut membebaskan pasukan sekutu untuk fokus pada tahap konflik Eropa, karena kekuatan Poros terus memperluas wilayah mereka di seluruh Eropa dan Afrika Utara. 

Related

History 5434375163908172930

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item