Putus Sekolah hingga Jualan HP, Nikhil Kamath Kini Jadi Miliarder Termuda India


Naviri Magazine - Nikhil Kamath berhasil menjadi miliarder termuda di India. Ia masuk dalam deretan pengusaha yang putus sekolah namun membuktikan dirinya bisa sukses.

Bersama kakaknya, Nithin Kamath, mereka mendirikan platform perdagangan saham terbesar di India di tahun 2010. Platform tersebut bernama Zerodha yang lahir di kota Bangalore, India Selatan.

Dikutip dari CNBC, perkembangan platform tersebut cukup lambat, tahun pertama aplikasi ini hanya mendapat seribu pengguna. Namun, kini sudah ada 4,5 juta pengguna aktif di platform transaksi saham tersebut.

“Saya pikir butuh satu setengah atau dua tahun untuk mendapatkan seribu klien pertama kami. Fintech pada tingkat tertentu adalah bisnis yang kredibel, dan orang-orang perlu mendengar tentang Anda sebelum mereka memarkir tabungan mereka bersama Anda,” katanya.

Zerodha menawarkan berbagai jenis jasa keuangan dari reksadana, obligasi, mata uang, dan lainnya. Bahkan kini 15% perdagangan ritel India menggunakan platform tersebut. Kekayaan yang Nikhil dan kakaknya dapatkan hingga kini mencapai USD 1,55 miliar atau Rp 21,7 triliun.

Dibalik itu semua, banyak hal telah dilalui Nikhil. Di usianya yang ke 17 tahun, ia mengorbankan sekolahnya untuk mengikuti lomba catur tingkat internasional. Namun, sayangnya ia gagal dan menyadari sebagai pemuda putus sekolah, ia tak lagi bisa mengharapkan pekerjaan tetap.

Setelah kegagalan itu ia memutuskan untuk berjualan handphone. Masa mudanya dihabiskan dengan berdagang dan bekerja paruh waktu sebagai call center. Semua usaha dan kemampuannya ia kerahkan hingga ia mulai terbiasa mengelola uang dan sejumlah aset.

Setelah menghasilkan sejumlah uang, ia berhenti dari semua pekerjaan itu dan mengikuti sang kakak yang sudah lebih dulu melakukan trading kemudian mereka membangun Zerodha.

“Tidak ada yang akan mempekerjakan saya tanpa gelar sarjana, yang berarti saya harus melakukan sesuatu yang tidak memerlukannya,” kata Kamath.

Tidak seperti perusahaan startup kebanyakan, Zerodha tidak membuka investasi eksternal. Nikhil mengaku tidak pernah mengambil investor manapun untuk meningkatkan modal.

Sejak awal mereka membuka perusahaan untuk membangun produk berkualitas. Ia ingin pencapaiannya hanya berasal dari produk yang baik dan seiring perkembangannya dapat dibuktikan dari mulut ke mulut pelanggan.

Related

Figures 1721264284246515342

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item