Sedang Punya Masalah? Tarik Napas, dan Lakukan 5 Hal Sederhana Ini


Naviri Magazine - Masalah memang akan terus datang seiring bertambahnya usia. Masalah kerap datang silih berganti tanpa mengenal situasi. Tak heran banyak orang merasa tertekan akibat masalah yang mereka hadapi sekarang.

Dalam menghadapi masalah, kita mau tak mau harus bangkit lagi dan lagi untuk melewatinya. Harus berani! Karena sebagai manusia, kita memang tidak bisa terhindar dari masalah.

Tetapi kita bisa menghadapinya dengan lapang dada, sembari melakukan 5 hal sederhana ini. Mau tahu caranya? 

1. Meditasi

Ketika kita sudah merasa lelah dengan semuanya, rasanya seluruh tubuh ini menginginkan istirahat sejenak. Nah, jika kamu megalaminya, bermeditasilah sejenak.

Meditasi sungguh luar biasa manfaatnya jika dilakukan secara rutin setiap hari. Jangan mengharapkan hasil secara instan terus. Coba pelan-pelan, lakukan setiap hari, rasakan perbedaannya.

Banyak sekali aplikasi yang bisa membantumu untuk bermeditasi, seperti Insight Timer, Headspace, Simple Habit Meditation, dan lain-lain yang bisa kamu pilih.

2. Minum air putih

Hal sederhana seperti minum air putih juga bisa kamu lakukan, lho. Tentu saja, air putih bisa membantumu untuk berfikir jernih agar bisa menemukan solusi atas permasalahan yang sedang kamu hadapi sekarang. Tenang, tarik napas, buang. 

Ayo, ambil gelasmu sekarang, tuangkan air putih, lalu minum. Nikmati saja setiap bulir air yang kamu minum, nanti akan terasa nikmatnya.

3. Fokus mencari solusi, jangan hanya memikirkan masalahnya saja

Cukup sudah merenung terus menerus memikirkan masalahmu yang tak kunjung selesai. Cari solusi dan coba berdiskusi dengan orang lain.

Memandang masalah dari sudut pandang yang berbeda, setidaknya bisa membuatmu merasa lebih tenang dan bisa menemukan titik temu.

4. Mulai mencoba untuk menjadi sedikit terbuka dengan orang lain

Nah ini khususnya buat para introvert yang hobi memendam perasaan sendiri, lebih baik kamu terbuka untuk ceritakan masalah pada orang sekitarmu. Minimal orang terdekatmu saja atau orang yang sangat kamu percayai.

Bisa keluarga ataupun sahabatmu. Tapi kamu juga harus tahu batasannya. Jangan terlalu berlebihan.

Secukupnya saja dan jangan lupa minta sedikit pendapat dan solusi mereka atas permasalahanmu sekarang ini.

5. Bangkit dan hadapi masalah yang kamu punya

Semangat! Jika terjatuh, bangkit lagi. Jangan mau terjebak di dalam situasi begini terus. Bertanggung jawab atas masalah-masalah yang kita alami sangat penting.

Oleh karena itu, kita harus berani mengambil tindakan yang bijaksana. Jangan hanya mengandalkan perasaan terus, kita juga harus menggunakan akal sehat dan logika kita untuk memecahkan masalah ya.

Related

Tips 2507904939867144106

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item