Tertukar Saat Lahir, dan Baru Tahu 20 Tahun Kemudian, Wanita Ini Tuntut Rumah Sakit Rp 49 Miliar


Naviri Magazine - Seorang wanita menggugat sebuah rumah sakit sebesar £2,5 juta atau sekitar Rp49 M setelah mengetahui bahwa dia tertukar saat lahir dengan bayi lain, hampir 20 tahun yang lalu. 

Wanita itu menyadari kesalahan mengejutkan telah terjadi setelah melakukan tes DNA, dan mengetahui bahwa orang yang membesarkannya selama ini bukanlah orang tua kandungnya.

Menukil Daily Record, wanita yang enggan disebutkan namanya itu lahir di Rumah Sakit San Millan de Logrono, La Rioja, Spanyol Utara. Selang lima jam kemudian, bayi perempuan lain lahir, dan kedua bayi itu disimpan di inkubator yang berdekatan.

Namun ketika kedua bayi tersebut dikeluarkan dari inkubator, mereka diserahkan kepada orang tua yang salah. Yang satu tinggal bersama orang tuanya, dan yang lainnya dibesarkan oleh seorang wanita yang dia yakini sebagai neneknya.

Insiden tertukarnya bayi tersebut pertama kali terungkap, ketika nenek salah satu gadis itu mengeluh bahwa ayahnya tidak memenuhi tanggung jawabnya. Kemudian setelah dilakukan tes DNA, terungkap bahwa dia sebenarnya bukanlah ayah dari gadis itu.

Kemudian ketika dilakukan tes DNA kedua, terungkap juga bahwa wanita tersebut bukanlah anak dari ibu yang selama ini dia pikir adalah ibu kandungnya.

Wanita tersebut dilaporkan juga sudah memberitahu bayi yang tertukar dengan dirinya soal insiden tersebut, yang mengubah hidup mereka berdua.

Otoritas di La Rioja, Spanyol, bersikeras bahwa tidak ada korupsi di klinik mereka, dan menyatakan bahwa kedua bayi yang tertukar itu akibat kelalaian petugas rumah sakit.

“Itu adalah kesalahan manusia, dan kami belum dapat menemukan siapa yang harus disalahkan,” kata Sara Alba, Kepala Kesehatan setempat dalam jumpa pers.

Pejabat setempat juga mengatakan tidak menemukan kasus lain yang seperti itu saat ini. Sementara itu, Alba menjelaskan pada waktu itu, sistem rumah sakit berbeda, tidak seperti sekarang yang semuanya sudah terkomputerisasi.

“Dalam kasus klien saya, dia lahir kemudian tetapi diberikan kepada ibu yang melahirkan anak pertama. Ini adalah kelalaian,” ujar Jose Saez Morga, pengacara salah satu gadis yang tertukar tersebut. 

Related

News 3859228479886708707

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item