Tips Memilih Kredit Mobil Murah untuk Tipe Baru dan Bekas di Leasing Mobil

https://www.pexels.com/id-id/pencarian/mobil/
Saat ingin membeli mobil, Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan, apakah membeli mobil baru atau bekas dan membeli dengan cara cash atau kredit. Tentu setiap orang memiliki pilihan masing-masing sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mereka, membeli mobil di leasing mobil juga menjadi pilihan yang tepat. Leasing mobil artinya Anda membeli mobil dengan perusahaan leasing secara kredit baik mobil baru atau mobil bekas. 

Leasing mobil ini berbeda dengan bank, di mana anda tidak perlu meminjam uang ke bank untuk melakukan kredit mobil, karena perusahaan leasing yang akan membayarkan mobil dan mengurusnya. Jika ingin membeli mobil, pastikan anda mempunyai budget yang cukup sesuai dengan mobil impian Anda. Jika budget Anda terbatas, Anda perlu mengetahui tips memilih kredit mobil murah untuk tipe baru maupun tipe bekas.

Tips Memilih Kredit Mobil Murah

Mobil murah tidak selalu identik dengan mobil kualitas rendah dan barang yang sudah dalam kondisi kurang baik. Pasalnya ada beberapa produk atau mobil murah dan terjangkau namun dapat memenuhi kebutuhan anda. Anda bisa kredit mobil di leasing mobil karena pengajuannya lebih mudah dibandingkan bank. Adapun berikut beberapa tips memiliki kredit mobil murah yaitu:

1. Pertimbangan Beli Mobil Baru atau Bekas

Sebelum membicarakan tentang harga mobil, ada baiknya anda pertimbangkan dulu, kira-kira ingin membeli mobil baru atau mobil bekas. Tentu di antara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda memilihnya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kondisi keuangan yang Anda miliki.

Keuntungan membeli mobil baru yaitu cocok untuk kebutuhan jangka panjang, karena mesin tergolong baru dan masih fresh. Proses pembelian mobil baru juga dinilai lebih mudah, di mana anda tinggal mengunjungi dealer dan memilih mobil yang diinginkan, lalu melakukan pembayaran serta mengurus surat-surat kendaraan. 

Setelah pembayaran selesai, Anda tinggal membawa pulang mobil tersebut dan menjadi milik anda seutuhnya. Namun tentu saja, Anda harus menyiapkan budget yang cukup banyak dan memiliki simpanan, karena harga mobil baru dinilai tidak murah. Meski begitu, Anda bisa mencari harga mobil murah dan cukup terjangkau.

Sedangkan untuk mobil bekas sendiri memiliki harga yang murah. Mobil bekas juga memiliki beragam pilihan yang bisa anda pilih serta tak jarang mesin-mesinnya masih bagus. Jadi, Anda juga tak perlu ragu jika ingin membeli mobil bekas. 

Membeli mobil baru atau mobil bekas itu kembali lagi menjadi keputusan Anda. Anda harus bijak mengambil keputusan dan jangan termakan gengsi. Agar lebih ringan, Anda bisa membeli mobil dengan cara kredit di leasing mobil terpercaya.

2. Perhatikan Harga

Setelah menentukan apakah ingin membeli mobil baru atau bekas, kini waktunya Anda memperhatikan harga mobil yang ingin anda beli. Setiap mobil pasti memiliki harga yang berbeda, hal ini dipengaruhi beberapa faktor mulai dari merek produknya, keunggulan mesin mobil, sesuai dealer yang anda pilih, dan lainnya. Baik harga murah atau lebih besar memiliki pertimbangan tersendiri. Anda bisa memanfaatkan diskon dan memilih leasing mobil yang tepat yang bisa membantu Anda menemukan mobil murah.

3. Uang Muka

Karena anda ingin membeli mobil secara kredit di leasing mobil, baik dalam kondisi baru ataupun bekas, tentu Anda membutuhkan uang muka. Pastikan anda sudah menyiapkan uang muka yang cukup, karena ini berpengaruh terhadap jumlah cicilan yang harus anda bayar setiap bulan. 

Mungkin setiap perusahaan leasing mobil memiliki kebijakan tersendiri dalam hal membayar uang muka, misalnya hanya sebesar 25% saja, namun tak ada salahnya anda membayar uang muka yang lebih besar untuk meringankan cicilan mobil Anda setiap bulan. Pasalnya utang kredit mobil berbanding lurus dengan cicilan yang harus anda bayarkan. Alhasil, ini juga berpengaruh terhadap bunga cicilan yang anda bayarkan setiap bulan.

4. Masa Tenor yang Tepat

Saat kredit mobil biasanya diberikan jangka waktu untuk mencicil atau masa tenor. Setiap perusahaan leasing mobil memberikan masa teror yang beragam mulai dari 1 tahun sampai 10 tahun, hal ini juga ditentukan oleh masing-masing penyedia leasing. Anda bisa memilih masa tenor yang tepat. 

Apabila cicilannya ingin lebih ringan, Anda bisa memilih masa tenar maksimum, namun kekurangannya bunga akan terus bertambah yang artinya bunga cukup besar. Namun jika ingin lebih cepat, Anda bisa memilih masa tenor yang tidak terlalu lama, misalnya 1 sampai 3 tahun saja, namun nominal cicilan perbulan yang harus anda keluarkan jadi lebih banyak. Oleh sebab itu, dalam memutuskan masa tenor perlu pertimbangan yang matang, Anda harus melakukan perhitungan simulasi kredit dengan tepat untuk melihat perbedaan angka atau biayanya. 

5. Pilih Penyedia Kredit yang Tepat

Tips kredit mobil murah terakhir, Anda bisa memilih penyedia kredit yang tepat dan memberikan kemudahan serta bunga cicilan yang rendah. Setiap perusahaan kredit atau leasing memberikan berbeda-beda rata-rata 5 sampai 8% per tahun.

Oleh sebab itu, anda perlu memilih leasing mobil yang tepat dan menyediakan bunga rendah. Anda bisa membandingkan satu perusahaan leasing dengan perusahaan lain. Anda bisa memilih Maybank Finance untuk leasing mobil lebih mudah dan terpercaya. 

Itulah 5 tips memilih kredit mobil murah baik dalam bekas ataupun baru di leasing mobil. Dengan melakukan tips tersebut dengan baik, Anda bisa menghemat pengeluaran.

PT Maybank Indonesia Finance menjadi pilihan yang tepat untuk membantu Anda mengkredit mobil lebih mudah dan menguntungkan. Anda bisa memilih mobil impian Anda baik baru atau bekas dan simulasikan kredit hanya di Maybank Finance!

Referensi
https://maybankfinance.co.id/artikel/mobil-baru-atau-bekas/
https://maybankfinance.co.id/
https://m.liputan6.com/amp/3874387/7-cara-untuk-dapatkan-kredit-mobil-murah
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/richeese-nabati-buat-diet

Related

Automotive 7335390790511597910

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item