5 Pola Pikir Positif yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Pedoman Hidup


Naviri Magazine - Tak semua pola pikir positif bisa kamu jadikan sebagai pedoman hidup. Banyak sekali pola pikir yang sekilas tampak positif, tetapi menimbulkan toksik jika kamu terapkan dalam jangka panjang.

Tak bisa dipungkiri bahwa ada momen-momen tertentu yang menuntutmu untuk mengubah cara pandang dan pemikiran. Harus diingat, sebagai manusia kita gak bisa menggunakan pedoman hidup tanpa memerdulikan kondisi yang tengah berlangsung.

Sering dianggap positif, nyatanya ada beberapa pola pikir yang sebenarnya membawa efek kurang baik untuk hidup kita jika diterapkan setiap saat. Penasaran apa saja pola pikir yang dimaksud? Yuk, simak pada ulasan berikut ini. 

1. Kalau orang lain bisa, aku juga harus bisa

Siapa yang sering mengatakan hal di atas untuk memotivasi diri sendiri? Kalau kamu orangnya, cobalah untuk mengubah pola pikir tersebut dari sekarang.

Kamu gak boleh mengingkari kenyataan bahwa selalu ada saja yang gak kamu bisa meskipun sudah berusaha sekuat tenaga. 

Setiap manusia memang wajib berusaha sebaik-baiknya, tetapi kita gak wajib selalu menjadi yang terbaik. Jika temanmu pandai dalam matematika, sesungguhnya kamu gak harus sama pandai dengannya.

Untuk membuat dirimu hebat, kamu gak harus menjadi orang lain terlebih memaksakan diri agar sama seperti yang lain. Setiap orang punya cara bersinar yang berbeda. Tugasmu hanya mencari jalanmu sendiri bukan mengikuti jalan yang ditempuh orang lain. 

2. Caraku berlaku tergantung cara orang lain memperlakukanku

Buang jauh-jauh pemikiran bahwa kamu harus memerlakukan orang lain sesuai dengan perlakuannya padamu. Mungkin akan terasa bodoh ataupun terlalu baik, tetapi sesungguhnya berbuat baik kepada orang yang berlaku jahat padamu sama sekali gak akan merugikanmu. Kebaikan selamanya akan jadi kebaikan, seperti apapun orang lain merespon kebaikan tersebut. 

Gak ada habisnya jika kita terus balas membalas, terlebih jika itu menyangkut keburukan. Gak akan membuatmu hidup tenang, keinginan untuk membalas dendam justru membuat hidup tambah tertekan.

Nah, mulai sekarang biasakan untuk berbuat baik tanpa berharap balasan apapun, ya! Jika sudah kamu terapkan, coba deh lihat bagaimana dampak kebiasaan tersebut untuk hidupmu ke depan! 

3. Aku tidak boleh menyerah dalam hal apapun

Kata siapa kamu gak boleh menyerah? Justru orang hebat adalah orang yang tahu kapan harusnya terus berjalan dan kapan harus berhenti. Saat semua jalan sudah menuju jalan buntu, gak ada salahnya kok jika kamu memilih menyerah. Lagipula segala hal yang sudah jelas-jelas buruk gak akan berguna apa-apa jika bersikeras kamu pertahankan.

Yang perlu kamu perhatikan hanya kapan waktu yang tepat untuk memilih keputusan tersebut. Jika kamu menyerah saat kamu sudah mencoba dan berusaha sekuat tenaga, berarti keputusanmu adalah hal yang tepat. Berbeda cerita jika kamu menyerah sementara kamu belum berusaha secara maksimal.

4. Aku harus selalu berhasil dan menghindari kegagalan

Kita memang harus menjaga agar pola pikir kita senantiasa mengarah ke hal-hal positif. Namun, dalam perjalanannya kita pun harus menyiapkan mental untuk hal-hal buruk yang gak bisa kita prediksi kedatangannya. Jangan sampai kamu terlalu berpikiran positif hingga percaya dirimu kelewat tinggi. 

Gak selalu kata berhasil yang jadi akhir segala usahamu. Ada baiknya kamu juga menyiapkan diri untuk bertemu kegagalan.

Bukan pola pikir negatif, sesungguhnya menyiapkan diri akan kegagalan justru membuat ambisimu gak kelewat batas, sedihmu nantinya gak akan berlebihan dan mentalmu pun lebih siap untuk melewati berbagai rintangan ke depan.

5. Aku harus selalu hebat dan membanggakan bagi orang-orang di sekelilingku 

Jangan buat dirimu tertekan dengan pola pikir bahwa kamu harus senantiasa jadi orang yang hebat dan membanggakan. Terlebih jika perasaan ingin membanggakan tersebut membuatmu kehilangan diri sendiri. Kamu berhak menjadi dirimu yang apa adanya tanpa terbebani perasaan untuk menjadi yang terbaik. 

Hidup sudah dipenuhi banyak persoalan. Jangan kamu tambah dengan beban lain yang membuat hidup kurang menyenangkan. Jangan buat standar membanggakan terlalu tinggi, ada banyak cara sederhana yang sesungguhnya bisa membuat orang sekitar bangga padamu. Cukup dengan menjaga perilaku, nama baik, dan harga diri sudah membuatmu membanggakan, lho! 

Sudah mengerti 'kan pola pikir apa saja yang tampak baik tetapi punya potensi menjadi toksik? Benahi pola pikirmu mulai sekarang agar rasa bahagia lebih mudah datang.

Ingat ya, gak selalu hal positif berdampak baik untuk dirimu. Oleh karena itu, belajarlah untuk menyesuaikan kondisi, ya! 

Related

Tips 7984656055870643143

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item