Cara Bayar Pajak Motor secara Online Lewat Aplikasi Signal


Naviri Magazine - Para pengguna sepeda motor kini semakin dimudahkan soal urusan pembayaran pajak kendaraan. Jika dulu harus datang pagi ke kantor Samsat atau pelayanan SIM keliling, hal itu kini tidak perlu dilakukan lagi. Sebab cara bayar pajak motor secara online sudah bisa dilakukan.

Korlantas Polri telah menciptakan aplikasi khusus yang disebut Signal atau Samsat Digital Nasional.

Aplikasi Signal dapat digunakan untuk mengurus pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Aplikasi Signal merupakan aplikasi generasi kedua sebagai penyempurna atau pengganti aplikasi sebelumnya yakni Samsat Online Nasional (Samolnas).

Aplikasi ini bekerja dengan memanfaatkan pangkalan data (database) nomor kendaraan bermotor Anda dengan yang dimiliki oleh Polri.

Nantinya pemilik kendaraan harus melakukan verifikasi identitas biometrik berupa pemindaian wajah dan data e-KTP.

Aplikasi Signal telah terhubung dengan 15 pangkalan Data Pajak Bapenda Provinsi sehingga semakin memudahkan masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotornya.

Cara Bayar Pajak Motor Online via Signal

Membayar pajak motor via aplikasi tentu dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja sebelum masa berlaku pajak Anda habis. Namun demikian, pastikan ponsel Anda terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil.
  • Unduh aplikasi Signal di PlayStore dan AppStore
  • Lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu jika baru pertama kali mengunduh
  • Isi semua data pada kolom yang tersedia
  • Setelah mengisi semua data yang dimin lalu ketuk Lanjutkan
  • Jika data-data terisi dengan benar maka sistem akan menampilkan data lengkap kendaraan yang pajaknya akan dibayarkan beserta nilai pajaknya
  • Kemudian Anda akan menerima kode pembayaran dengan masa berlaku bayar selama 2 jam setelah kode diterima
  • Segera lakukan pembayaran ke bank BNI, BRI, Mandiri, BTN, BCA, CIMB Niaga, dan Permata. Selain itu Anda juga bisa bayar via Tokopedia
  • Perlu diketahui, pembayaran akan dikenai biaya administrasi
  • Selanjutnya setelah proses pembayaran telah selesai dilakukan, Anda akan menerima e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK dengan masa berlaku 30 hari

TBKP/SKPD dan stiker Pengesahan STNK akan dikirim SAMSAT ke alamat Anda melalui jasa ekspedisi resmi yang ditunjuk.

Perlu diketahui, cara bayar pajak motor secara online melalui aplikasi Signal, hanya melayani pembayaran STNK tahunan dengan batas waktu keterlambatan bayar atau pajak STNK mati tidak lebih dari satu tahun.

Selain itu, jika alamat wajib pajak berbeda, Anda bisa menghubungi atau mendatangi kantor Samsat setempat untuk keterangan lebih lanjut.

Related

Tips 4044402515440825493

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item