Gigi Putih Bisa Berubah Kuning Seiring Waktu, Ini 5 Cara Alami Mengatasinya


Naviri Magazine - Perubahan warna pada gigi adalah proses yang berlangsung secara bertahap, dan tidak mungkin terjadi dalam semalam. Begitu pun dengan proses pengobatannya.

Bila kamu tidak ingin proses pemutihan gigi di klinik, ada lima cara alami untuk menghilangkan noda kuning pada gigi yang bisa kamu lakukan di rumah! 
 
1. Minyak kelapa

Berkumur dengan minyak kelapa adalah metode India kuno. Yang perlu kamu lakukan cukup mengambil satu sendok teh minyak kelapa, lalu berkumur sekitar 5 menit. Kemudian keluarkan minyaknya dan bilas mulut dengan air.

Minyak dapat melarutkan bakteri dan plak serta membersihkan gigi secara menyeluruh. Meskipun, kamu dapat menggunakan minyak nabati apa pun, sebaiknya gunakan minyak kelapa murni karena kaya akan antioksidan.

2. Soda kue

Soda kue bersifat sedikit abrasif dan efektif menghilangkan noda ringan. Campurkan baking soda dengan beberapa jus lemon hingga teksturnya seperti pasta. Kamu dapat menggunakannya langsung, misalnya letakkan di jari atau sikat gigi dan sikatlah seperti menggosok gigi. 

Karena soda kue atau natrium bikarbonat tidak mengandung fluoride, kamu juga harus menggunakan pasta gigi biasa. Ingat, penggunaan soda kue dalam waktu lama juga tidak disarankan karena dapat mengikis lapisan atas email gigi.

3. Cuka sari apel

Untuk perubahan warna yang membandel, kamu bisa menggosokkan cuka sari apel langsung ke gigi, namun itu bisa lebih abrasif. Kamu juga dapat mengencerkan cuka sari apel dengan air dan mengoleskannya di mulut. 

Tidak hanya untuk gigi yang lebih putih tetapi ramuan ini juga baik untuk kesehatan mulut. Namun, jangan terlalu sering menggunakannya ya karena cuka sari apel juga dapat mengikis email gigi.

4. Menyikat secara teratur

Terdengar sederhana tapi cara yang satu ini sebenarnya efektif. Menyikat gigi dua kali sehari secara menyeluruh akan mencegah pembentukan plak dan juga mencegah bakteri. Hasilnya tidak akan terlihat dalam semalam tetapi secara bertahap kamu akan memiliki gigi yang lebih putih, kuat dan sehat.

5. Flossing

Meskipun flossing tidak benar-benar mengubah warna gigi, benang pemutih akan membantu tampilan gigi terlihat lebih cerah dengan menghilangkan partikel yang tidak diinginkan.

Related

Tips 4358169328301146075

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item