Ini 5 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman agar Segera Dibayar


Naviri Magazine - “Pinjam uang dong. Aku belum makan nih, ntar gajian aku pasti bayar.” Kalimat semacam itu pasti pernah dilontarkan temanmu, kan? Ya, namanya juga teman, mau tak mau kita harus bantu supaya hubungan pertemanan tetap terjaga.

Memang, menghadapi orang yang minjam uang ke kita bisa dibilang gampang-gampang susah. Tergantung orangnya juga. Kadang ada yang tahu diri mau bayar, tapi ada juga yang pura-pura lupa pas ditagih.

Kita tahu, kalau dapat teman yang suka ingkar janji bayar utang pasti bikin kita mumet. Kalau pas nagih, pasti ada saja alasan dia sampai-sampai kita jadi segan buat nagih lagi.

Cara Menagih Hutang Paling Ampuh ke Teman

Masalah uang memang salah satu hal yang sensitif untuk dibahas. Bahkan, hal itu bisa bikin hubungan baik dengan teman jadi rusak. Tak jarang, orang yang punya utang malah lebih ketus saat ditagih utangnya.

Nah, dari pada pusing, berikut ini tips menagih utang yang efektif, biar kamu dan temanmu sama-sama senang.

1. Pertama, Coba Tagih Pakai Cara Halus

Saat ini, gak jarang orang yang dipinjemin uang malah lebih galak dari yang minjemin. Aneh kan? Iya, tapi banyak kejadian gitu. Akibatnya, si pemberi hutang jadi nyerah duluan karena segan dan bingun cara nagih hutang yang baik. Lah nyerah? Jangan dong!

Sudah saatnya nih kamu beranikan diri untuk meminta hakmu kembali. Pertama coba deh kamu lakukan dengan cara yang halus atau dengan sindiran. Coba beberkan beberapa alasan kenapa kamu butuh banget uang yang dipinjamkan.

Contohnya: “Sul! (Sebut saja namanya Samsul), aku boleh minjem uangmu gak? Lagi butuh banget nih, mendadak banget. Gak besar kok, (sebutkan sebesar uang yang kamu pinjamkan).”

Nah, pasti dia kesindir, kan. Langsung keingat kalau dia punya hutang yang belum dibayarnya.

Kalau cara ini gak berhasil kita coba cara yang lain. 

2. Tegas Tapi Jangan Ngegas

Nah ini, cara yang paling berani adalah secara terang-terangan bilang ke si pengutang untuk segera bayar hutangnya.

“Sul, kapan mau bayar hutangmu kemarin pas kita makan seblak? Aku lagi butuh banget nih. Tolong dibayar dong”.

Contoh nagih hutang di atas adalah cara yang to the point tanpa basa basi. Kalau bisa kamu sering aja nagih hutang ke orang yang dipinjemin, biar dia 'kocar kacir' dan merasa makin bertanggung jawab untuk segera bayar hutangnya.

Kalau kamu malas buat nagih, si penghutang yang tak tau diri itu kadang jadi merasa malas dan pura-pura lupa. Jadi beranikan aja diri aja buat nagih ya.

Kalau masih gagal, coba cara yang lain lagi.

3. Minta Dia yang Bayar Saat Pergi Bersama

Jika kamu lagi pergi bersama untuk makan atau hanya sekedar jalan-jalan ke mal, ingatkan dia bahwa uangmu masih ada padanya. Dengan suara lembut dan tegas, mintalah ia untuk membayarkan makan atau belanjaan karena uangmu masih ada padanya.

Syukur-syukur dia jadi risih dan lambat laun akan bayar semua hutangnya.

4. Tagih Lewat Anggota Keluarganya

Tampaknya kita memang harus melibatkan keluarganya nih. Cara ini biasanya adalah cara yang ampuh untuk menagih hutang.

Kamu bisa bicara dengan saudaranya, orang tuanya dan pihak keluarganya yang lain. Harapannya, nanti keluarga si penghutanglah yang akan mengingatkan dan 'memarahinya' untuk langsung segera membayar hutangnya.

5. Bikin perjanjian pakai surat bermaterai

Baiknya sih, surat perjanjian bermaterai ini dibuat di awal saat temanmu meminjam uang. Tapi kalau memang sudah terlanjut, ya baiknya kamu datangi dia dan berikan tenggat waktu baru lagi kepadanya.

Namun kali ini, mintalah ia untuk menandatangani surat perjanjian tenggat waktu di atas materai itu. Cara ini gak berlebihan kok. Supaya dia bisa ngerti kalau kamu benar-benar serius dengan persoalan hutang. Jadi dia juga serius buat bayar hutangnya.

Kalau masih gagal juga bagaimana? Haduh repot, kok ada orang kayak gitu ya?

Bagusnya pakai cara apa nih, guys?

Related

Tips 1158840293339533433

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item