Ini 5 Penyebab Mulut Terasa Kering Saat Bangun Tidur di Pagi Hari


Naviri Magazine - Saat terbangun dari tidur, Anda mungkin sering mengalami kondisi mulut dalam keadaan kering. Apa penyebabnya?

Menurut Cleveland Clinic, mulut kering terjadi ketika Anda tidak menghasilkan cukup air liur. Namun kekurangan air liur biasanya merupakan gejala atau efek samping dari masalah kesehatan lain.

Berikut sejumlah penyebab mulut kering di pagi hari, menurut pemaparan ketua biologi mulut di University at Buffalo School of Dental, Frank A. Scannapieco, seperti dilansir Live Strong.

1. Dehidrasi

Seringkali, mulut kering merupakan indikasi bahwa seluruh tubuh Anda membutuhkan lebih banyak cairan.

"Saat Anda mengalami dehidrasi, Anda tidak memiliki cukup cairan untuk memproduksi air liur, yang hampir seluruhnya terdiri dari air," kata Scannapieco., seraya mengungkap bahwa air liur adalah 99 persen H2O.

Jika Anda tidak cukup minum sepanjang hari, Anda mungkin mengalami dehidrasi dan mulut kering di pagi hari.

2. Bernapas lewat mulut

Apakah Anda sering terbangun dengan mulut terbuka lebar? Ini juga bisa menjadi penyebab mulut Anda kering.

"Jika Anda tidur dengan mulut terbuka, jaringan mulut akan mengering, terutama jaringan yang paling dekat dengan bibir Anda," kata Scannapieco.

Pernapasan mulut sangat umum terjadi ketika Anda sedang sesak. Hidung tersumbat membuat Anda sulit bernapas melalui lubang hidung, jadi Anda mengimbanginya dengan bernapas melalui mulut.

3. Mengalami sleep apnea

Jika Anda pendengkur kronis yang bangun dengan mulut kering setiap hari, Anda mungkin mengidap sleep apnea, gangguan tidur yang ditandai dengan pernapasan abnormal saat tidur.

Menurut Mayo Clinic, orang dengan kondisi ini mengalami gangguan pernapasan, terengah-engah dan mendengkur keras. Masalah-masalah ini sering mengakibatkan pernapasan mulut, yang seperti kita ketahui, dapat menyebabkan mulut kering.

Gejala sleep apnea lain termasuk insomnia, sakit kepala pagi hari, kantuk di siang hari, rentang perhatian terbatas dan cepat marah.

Selain sleep apnea, ada beberapa masalah kesehatan yang lebih serius yang bisa disalahkan. Misalnya, penyakit autoimun tertentu, seperti rheumatoid arthritis dan sindrom Sjogren, menunjukkan efek pada kelenjar ludah.

Diabetes, stroke, infeksi jamur mulut (atau sariawan) dan penyakit Alzheimer juga berhubungan dengan mulut kering, menurut Mayo Clinic.

4. Pengaruh obat-obatan tertentu

Beberapa obat dapat mengganggu mulut Anda dan mengurangi aliran air liur.

"Banyak obat dapat bekerja pada sistem saraf pusat atau pada sel sekretorik kelenjar ludah untuk mengurangi sekresi air liur," kata Scannapieco.

Dia menambahkan, obat-obatan yang digunakan untuk mengobati depresi dan kandung kemih yang terlalu aktif, di antara kondisi lain, dapat menyebabkan mulut kering.

5. Minum alkohol atau kafein

Kopi dan koktail di larut malam bisa menjadi penyebab langit-langit mulut Anda kering. Menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research, itu karena kafein dan alkohol bisa membuat sedikit dehidrasi, yang menjadi salah satu penyebab mulut kering.

Related

Health 5939723611343145926

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item