Mirip Film Armagedon, NASA Akan Tabrak Asteroid yang Menuju Bumi


Naviri Magazine - Pesawat luar angkasa ditabrakkan ke asteroid yang akan menghantam bumi, tak hanya kisah fiktif seperti di film Armagedon yang dirilis pada 1998. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (AS) atau NASA, benar-benar akan melakukannya di penghujung 2022 nanti.

Memang tak ada asteroid yang benar-benar mengancam bumi. Misi yang akan dilakukan NASA itu merupakan suatu simulasi atau uji coba di bawah proyek bernama DART (Double Asteroid Redirection Test).

Dikutip dari Planetary Society, untuk mendanai proyek uji coba tersebut Pemerintah AS menggelontorkan dana hampir USD 314 juta atau sekitar Rp 4,5 triliun. Dana sebesar itu dikucurkan bertahap selama 8 tahun, mulai dari riset di 2016 hingga 2023 atau setahun setelah operasi dilakukan.

Demi membiayai DART, alokasi APBN AS untuk NASA pada 8 tahun tersebut pun melonjak jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Yakni mulai 0,26 persen di 2016 hingga yang tertinggi 0,73 persen dari APBN AS pada 2019. Di tahun lainnya dalam pelaksanaan DART, persentasenya di antara kisaran tersebut. 

Dana sebesar itu digunakan untuk berbagai kebutuhan. Termasuk di antaranya pengembangan pesawat luar angkasa, kendaraan peluncuran, dan pelaksanaan operasi pada akhir 2022. 

Pesawat luar angkasa dalam misi DART akan diterbangkan dengan roket Falcon 9 dari SpaceX pada 23 November 2022. Ada pun asteroid yang akan ditabrak bernama Dimorphos, bulan kecil yang mengorbit di asteroid Dydymos.

Pada saat misi operasi itu dilakukan, lokasi Dimorphos dikategorikan cukup dekat dengan Bumi. Jaraknya sekitar 11 juta kilometer. Penabrakan itu dimaksudkan untuk mengubah jalur pergerakan asteroid tersebut menjauh dari bumi.

Proses tabrakan itu akan direkam oleh sebuah satelit dari Italian Space Agency, untuk mengetahui detail peristiwanya sebagai bahan kajian NASA. 

Related

News 5535718134254202978

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item