Oksigen di Bumi Perlahan Berkurang, Bagaimana Nasib Manusia?


Naviri Magazine - Sekali waktu, Bumi juga tandus. Tanpa oksigen dan metana, bentuk kehidupan duniawi sebelum oksigen muncul akan sangat berbeda. Sekitar 2,3 miliar tahun yang lalu, "Peristiwa Oksidasi Hebat" menyebabkan munculnya oksigen di atmosfer bumi.

Namun, para ilmuwan telah memperkirakan bahwa oksigen akan turun ke titik-titik berbahaya di Bumi pada akhirnya, mengembalikan planet ke keadaannya sebelum peristiwa oksigenasi terjadi, dengan tingkat metana yang tinggi.

Sementara itu, oksigen tidak menghilang dalam waktu dekat. Tapi setiap kali itu terjadi, akan menjadi proses yang cepat.

Mirip dengan perubahan iklim, yang tampaknya lambat tetapi sebenarnya sekarang semakin cepat, oksigen juga akan menghilang agak cepat, klaim studi tersebut, seperti dikutip dari India Times.

Sekarang manusia masih dapat bernapas dengan lega. Proses diperkirakan akan dimulai miliaran tahun dari sekarang. Sangat mungkin bahwa faktor-faktor lain akan menghapus manusia dari muka bumi sebelum kekurangan oksigen.

Secara umum, tidak ada planet layak huni yang memiliki oksigen atmosfer selamanya. Itu akhirnya menghilang, para ilmuwan mengklaim dalam penelitian ini.

Penelitian, yang diterbitkan di Nature Geoscience, mengklaim bahwa deoksigenasi atmosfer bumi akan membawa tingkat O2 ke level selama periode Archaean. Ini akan diikuti oleh hilangnya air permukaan di planet bumi.

Lautan diperkirakan akan menghilang dua miliar tahun dari sekarang, karena radiasi dari Matahari. Kehidupan akan mati, jauh sebelum ini terjadi, semua karena penurunan kadar oksigen.

Related

Science 1033984819933168144

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item