5 Fakta Unik Panda, dari Doyan Makan Sampai Hobi Tidur


Naviri Magazine - Panda adalah hewan khas China, yang bahkan menjadi ikon negara tersebut. Di China, orang bisa terancam hukuman berat jika mencoba memelihara panda tanpa izin resmi dari pemerintah, karena panda termasuk hewan langka yang sangat dilindungi habitatnya.

Setahun yang lalu, sepasang panda dari China dibawa ke Indonesia untuk disaksikan para wisatawan. Sepasang panda itu dibawa ke Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Terkait hal itu, berikut ini adalah lima fakta unik terkait panda yang perlu kita tahu.

1. Keluarga beruang 

Panda ternyata satu family atau keluarga besar dari beruang. Tentu saja tergolong dalam hewan karnovora atau pemakan daging. Uniknya, meski karnivora, ia lebih memilih makan bambu, rumput, dan buah-buahan, ketimbang daging. 

“Jadi dalam famili beruang, itu sudah pasti karnivora, penggolongan itu karena dilihat dari ruas gigi yang memiliki taring. Di alamnya, panda memang pemakan daging juga, tapi seperti bangkai, sisa daging lain predator, dan ikan. Jadi bukan karnivora predator,” jelas Bongot Huaso Mulia, Dokter Hewan Spesialis Panda (TSI).

2. Banyak menghabiskan makanan 

Dalam sehari, panda raksasa mampu menghabiskan lebih dari 20 kilogram bambu dengan berbagai jenis. Tak heran, TSI telah menyiapkan 17 jenis bambu, dan 70 jenis rumput di lahan puluhan hektar. 

“Makanannya 90 persen bambu, tapi karena bambu tidak terlalu bergizi untuknya, maka satu persennya bisa ditambah buah, protein seperti daging, atau asupan lain seperti kue, untuk nutrisinya,” terang Bongot Huaso, yang setiap hari rutin memeriksa kesehatan di panda. 

Dalam sehari, panda di TSI diberi makan dalam empat hinga lima waktu yang berbeda; pagi, siang, sore, dan malam. 

3. Rabun, tapi peka suara dan penciuman 

Penglihatan panda tidak terlalu bagus. Hal itu terlihat dari gerak jalannya yang unik, terkadang jatuh, atau melambat. Namun, indra penciuman dan pendengaran panda sangat peka. 

“Penciumannya digunakan untuk kawin, jadi tanda jika tertarik dengan lawan jenis. Sedang pendengarannya sangat peka, terutama akan keberadaan manusia,” tutur Bongot Huaso. 

4. Hewan soliter yang punya musim kawin sendiri 

Panda merupakan hewan soliter atau penyendiri, dengan teritori masing-masing. Mereka dapat menandai dan mengenali daerah teritorial atau kekuasaannya dari indra penciuman yang tajam. 

Tak heran, TSI memisahkan kedua kandang panda, meski berbeda jenis kelamin. Mereka akan dipersatukaan hanya pada saat musim kawin, yaitu bulan Juni-Juli. 

5. Pola hidup 

Pola hidup inilah yang membuat panda sangat unik. Dalam waktu 13 jam dalam satu hari, mereka habiskan hanya untuk tidur. Jika diamati tingkah lakunya, mereka hanya bangun saat lapar, lalu ketika sudah kenyang akan tertidur. Entah di tempat favoritnya atau di sembarang tempat. 

“Mereka bisa makan juga tidur kapan pun, tidak terjadwal. Hanya kita harus memberi stok makanannya dengan jadwal yang rutin,” terang Fallah, salah satu keeper atau pawang panda di TSI.

Related

Science 2321464678345890997

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item