Ini 9 Makanan yang Membantu Mencerahkan Kulit Wajah


Naviri Magazine - Merawat wajah adalah hal yang dilakukan semua orang, khususnya kaum wanita, demi memiliki kulit wajah yang senantiasa sehat, bersih, dan bercahaya. Karena tujuan itu, para wanita pun menggunakan aneka produk perawatan seperti pelembap, pembersih, dan lain-lain, bahkan rajin melakukan facial di salon untuk tujuan yang sama.

Sebagaimana merawat kulit tubuh, perawatan kulit wajah juga bisa dibantu dari dalam. Artinya, Anda tidak hanya melakukan perawatan dari luar melalui aneka perawatan, namun Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan yang bisa membantu membersihkan kulit wajah Anda. Berikut ini di antaranya.

Alpukat

Alpukat merupakan sumber vitamin B yang memiliki peran penting dalam menghaluskan serta menyehatkan kulit, bahkan dapat membantu mengatasi kulit yang mengalami iritasi, merah, atau bengkak. Anda bisa mengonsumsi alpukat dalam salad, smoothie, atau bisa pula langsung dimakan. 

Buah beri

Buah beri—dari stroberi sampai bluberi—merupakan sumber vitamin C yang membantu membangun serat kolagen, dan menjadikan kulit terlihat lebih muda. Antioksidan yang terkandung dalam buah beri juga sangat penting dalam membantu peradangan. 

Keju

Keju mengandung selenium dan vitamin E, yang membantu melawan radikal bebas, serta memberikan jumlah antioksidan yang lebih tinggi sehingga kulit lebih sehat. Selain untuk kecantikan atau perawatan kulit wajah, keju juga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker jika dimasukkan sebagai bagian diet sehat.

Almond 

Asam lemak yang terdapat pada kacang almond membantu menjaga membran sel, menghilangkan racun berbahaya dari tubuh, serta membantu menahan air, sehingga menjadikan kulit wajah Anda terlihat lebih segar. Selain itu, minyak dan lemak yang sehat dalam kacang-kacangan baik pula untuk kesehatan jantung secara keseluruhan, serta menjaga berat badan yang sehat.

Kentang

Kentang mengandung vitamin C dan seng/zinc tinggi, yang membantu menciptakan elastin pada kulit, sehingga menjadikan kulit wajah lebih muda, sehat, dan segar. Anda bisa menikmati kentang dengan cara dipanggang. Selain bagus untuk kulit, kentang panggang juga dapat memberikan zat tembaga tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk selalu sehat berseri.

Minyak biji rami

Kandungan tinggi omega-3 di dalam minyak biji rami membantu mengatasi kekurangan cairan tubuh, menipiskan tingkat sebum, mengatasi penyumbatan pori-pori, serta membantu mencegah dan melawan jerawat. Minyak sehat yang terdapat dalam minyak biji rami juga akan memberikan kulit yang segar alami, serta mencegah penuaan akibat kulit tidak sehat.

Yoghurt

Sebagai makanan sumber protein, yoghurt akan membantu menjadikan kulit wajah lebih kencang dan lebih elastis. Dalam hal ini, yoghurt Yunani dianggap lebih baik, karena mengandung lebih dari dua kali jumlah protein dan tinggi serat dibanding yoghurt biasa. Anda bisa menikmati yoghurt secara langsung, atau menambahkan buah atau madu sebagai tambahan rasa. 

Paprika

Paprika yang beraneka warna tidak hanya menggugah selera. Jika Anda mengonsumsinya secara teratur, paprika juga dapat membantu mencegah kerutan pada wajah, mengurangi keriput sehingga wajah tampak lebih muda, juga membantu kulit wajah lebih halus dan sehat. 

Mangga

Mangga mengandung lebih dari 80 persen vitamin A yang perlu Anda konsumsi setiap hari. Selain membantu menyehatkan tubuh, mangga juga dapat membantu menjaga kulit dan penampilan secara keseluruhan. 

Tingginya antioksidan dalam mangga juga membantu melawan radikal bebas, sehingga Anda terbebas dari penuaan dini akibat kulit mudah keriput. Selain itu, mangga juga rendah kalori, dan bisa dijadikan buah untuk melengkapi diet Anda.

Related

Health 3190172639955986648

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item