Kisah Nördlingen, Kota yang Dibangun di Atas Berlian


Naviri Magazine - Di Jerman, ada sebuah kota bernama Nördlingen. Letaknya di distrik Donau-Ries di Bayern, Jerman. Kota Nördlingen memiliki luas sebesar 68,10 kilometer persegi, dan dihuni oleh lebih dari 20.000 jiwa.

Berdasarkan catatan sejarah, Kota Nördlingen dibangun pada abad ke-9. Selama masa pembangunan, penduduk setempat percaya bahwa mereka tinggal atas kawah gunung berapi yang telah punah.

Anggapan tersebut terus berlanjut, sampai tahun 1960-an ahli geologi dari Amerika Serikat, Eugene Shoemaker dan Edward Chao, membeberkan fakta mengejutkan. Lanskap Nordlingen tidak memenuhi kriteria untuk kawasan bekas gunung berapi, lebih pas sebagai area bekas hantaman asteroid raksasa.

Diperkirakan sekitar 15 juta tahun yang lalu, sebuah asteroid sepanjang satu kilometer terbang dengan kecepatan 25 kilometer per detik. Lalu, benda luar angkasa itu menabrak tanah, menciptakan kawah sepanjang 26 kilometer.

Belasan juta tahun berselang, Nordlingen dibangun di sana. Menggunakan bebatuan suevite yang merupakan pecahan kecil asteroid, hampir seluruh bangunan yang ada di kota itu akhirnya memiliki dinding yang dibumbui berlian.

Untungnya, jutaan berlian yang terpajang di dinding-dinding Kota Nordlingen hanya berukuran 0,22 milimeter. Meski, jika dikumpulkan, jumlahnya akan teramat banyak, dan tentu mereka bisa mendadak kaya-raya, toh penduduk tak terlalu mempedulikannya.

Tembok-tembok di Nordlingen tak pernah berhenti berkilauan, tetapi warga di sana tak menganggapnya luar biasa. "Kami melihatnya setiap hari, itu bukan hal yang istimewa," seloroh Stefan Hölzl, ahli geologi dan direktur Museum Rieskrater yang ada di Kota Nordlingen, dilansir BBC International.

Related

Traveling 1587113058081633196

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item