Kisah Viganella, Desa Indah yang Memiliki Matahari Sendiri


Naviri Magazine - Di Italia, ada sebuah desa yang menarik wisatawan karena keunikannya. Bayangkan, desa yang ada di lembah ini memiliki matahari sendiri. 

Viganella adalah desa yang terdapat di dasar lembah di Piedmont, Provinsi Verbano-Cusio-Ossola, Italia. Hampir sepanjang tahun, desa ini tidak pernah disinari matahari seperti wilayah lain di dunia. Pada saat musim dingin datang, masyarakat Viganella bisa merasakan dingin yang luar biasa.

Ide cemerlang muncul dari Giacomo Bonzani, arsitek yang mencoba membuat matahari untuk Viganella. Awalnya, banyak kalangan yang menertawakan ide sang arsitek, karena dinilai mustahil. Namun, Giacomo telah memuktikannya dengan mewujudkan ide tersebut. 

"Saya yakin. Saya percaya pada ilmu fisika," ungka Bonzani.

Bonzani membuat cermin raksasa yang bisa memantulkan cahaya matahari ke arah desa, yang ada di dasar lembah. Cermin raksasa ini kemudian dijuluki masyarakat Viganella, sebagai matahari buatan. 

Cermin tersebut dikendalikan oleh perangkat lunak komputer, agar bisa melacak dari mana sumber matahari, dan bisa memantulkannya secara otomatis ke arah desa. Tidak hanya masyarakat Viganella yang bisa merasakan dampak dari sinar matahari tersebut, tapi juga para wisatawan yang penasaran atas ide kreatif ini.

Selain berfungsi menyinari desa, matahari buatan itu juga menjadi destinasi wisata. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Italia, tapi juga dari mancanegara. Lembah itu memiliki pemandangan yang sangat cantik, lengkap dengan hawa sejuk. Masyarakat Viganella juga sangat ramah dengan para pengunjung yang datang.

Related

Traveling 6926443131490557763

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item