Mengapa Ular Tidak Punya Kaki Seperti Hewan Lain?


Naviri Magazine - Para ilmuwan mempercayai bahwa nenek moyang ular pada zaman dahulu memiliki kaki, dan mereka dapat berjalan seperti hewan lain. Namun, beberapa ular tersebut suka menyembunyikan diri di dalam liang tanah, sehingga kaki mereka jadi tidak bermanfaat karena tidak pernah digunakan. 

Akhirnya, lama-lama, ular benar-benar kehilangan kakinya. Sejak saat itu, beberapa ular muncul kembali ke permukaan, tetapi kaki mereka telah menghilang.

Pada saat ini, sebagian kecil ular diketahui memiliki cakar yang sangat kecil, yang mengarah ke ekor mereka. Cakar itu, dan beberapa tulang kecil di dalam tubuh ular, adalah satu-satunya sisa kaki yang pernah dimiliki nenek moyang mereka.

Bagaimana cara ular berenang?

Ular berenang dengan melengkungkan tubuhnya, dan bergerak maju dengan susah payah melawan air. Ular yang dapat berenang dengan baik biasanya memiliki tubuh yang panjang dan ramping. 

Beberapa jenis ular memiliki sisi-sisi datar, sehingga seluruh tubuh mereka seperti dayung panjang yang menggerakkan mereka melalui air.

Seberapa cepat ular menyergap mangsanya?

Ular berbisa yang sedang menyergap mangsa menggerakkan kepalanya dengan kecepatan sekitar 2,44 meter per detik. Tetapi, pukulan manusia terhadap lawannya jauh lebih cepat.

Related

Science 2860222744495484566

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item