Misteri 5 Bangkai Paling Aneh yang Pernah Terdampar di Pantai


Naviri Magazine - Ada banyak hal yang ada di lautan, termasuk benda-benda mati dan aneka makhluk hidup. Karena hidup di laut, keberadaan makhluk-makhluk itu pun sering kali tak dikenali manusia, atau setidaknya manusia tidak akrab dengan sosok mereka. Kadang-kadang, makhluk-makhluk dari laut itu tersapu ombak hingga sampai ke tepi pantai. Sebagian mereka lalu terdampar di pantai, karena telah menjadi bangkai.

Beberapa bangkai makhluk laut memang cukup sering terdampar di pantai, dan orang-orang tidak terlalu heran, meski mungkin terkejut, karena bangkai itu bisa dikenali. Namun, lima bangkai ini dianggap aneh sekaligus misterius, karena wujud mereka benar-benar asing.

Makhluk raksasa Maluku

Sesosok makhluk misterius dari kedalaman laut terdampar di kawasan timur Maluku. Kemunculan makhluk itu memicu serangkaian kontroversi tentang identitas hewan tersebut. Laporan awal dari pasukan TNI Angkatan Darat, yang menyambangi lokasi penemuan, menyebutnya sebagai cumi-cumi raksasa.

Sejumlah pakar akhirnya mengonfirmasi bahwa hewan sepanjang 23 meter dan lebar 6,5 meter itu bukan cumi-cumi raksasa, melainkan paus. Peneliti LIPI yang terlibat dalam pengambilan contoh DNA mengatakan, bahwa paus ini termasuk famili Balaenopteridae, satu keluarga dengan paus biru.

Makhluk misterius di Pulau Kelang

Makhluk ini ditemukan di Pulau Kelang, Maluku. Makhluk ini tidak memiliki ekor maupun kepala, sementara ukuran tubuhnya terus membesar, dari awal sepanjang 1 meter berubah membesar menjadi 5 meter.

Makhluk aneh yang terbawa ombak ini memiliki bulu yang tebal. Berdasarkan informasi dari petugas lokal dan Kementerian Kelautan dan Perikanan Ambon, makhluk misterius ini diduga merupakan bagian dari mulut paus biru yang disebut Balin, fungsinya sebagai penyaring makanan sekaligus mencegah makanan paus yang sudah di mulut keluar terbawa air.

Raksasa Laut Gimbal

Sebuah objek raksasa berselimut remis muncul di pantai wilayah Selandia Baru. Diduga, objek tersebut muncul setelah gempa 7,8 skala Richter yang mengguncang Selandia Baru. 

Warga setempat mengira objek tersebut merupakan karya seni, bangkai kapal, atau pesawat alien. Namun, objek tersebut rupanya Barnacles, sebutan untuk sejenis hewan laut dengan perilaku menyerupai tumbuhan. Bernacles itu menempel pada suatu tempat, dan tidak pernah meninggalkan tempat tersebut seumur hidupnya.

Makhluk putih di Pantai Filipina

Makhluk ini ditemukan di Pantai Cagdainao, Kepulauan Dinagat, Filipina. Makhluk ini berpenampilan aneh. Ukurannya besar, mirip paus, dengan panjang sekitar empat meter, dan pada bagian atas tubuhnya ada semacam duri tajam yang diselimuti bulu putih seperti domba. 

Ternyata, makhluk itu adalah bangkai hewan laut yang sudah mengalami fase akhir dekomposisi. Sementara itu, “rambut” putih yang tergerai berasal dari serat-serat ototnya. Ilmuwan dari pemerintah lokal di Cagdainao, Filipina, meyakini bahwa bangkai tersebut adalah karkas dari paus yang sudah mati dua minggu sebelumnya.

Monster Pulau Canvey

Makhluk ini ditemukan di lepas pantai Pulau Canvey, Britania Raya, pada November 1953. Bangkai kedua yang lebih lengkap, ditemukan pada Agustus 1954. Spesies yang ditemukan tahun 1953 panjangnya 76 cm, dengan kulit tebal cokelat kemerahan, mata yang menonjol, dan insang.

Makhluk ini juga dideskripsikan memiliki kaki belakang dengan lima jari, menunjukkan makhluk ini berjalan dengan dua kaki. Banyak pendapat yang mengatakan hewan ini sejenis anglerfish atau frogfish, yang berjalan dengan sirip menyerupai kaki, memiliki mata menonjol, dan memiliki warna bervariasi.

Related

Science 1389595717823303977

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item