Monster Terbuas dan Terganas yang Pernah Hidup di Bumi


Naviri Magazine - Jutaan tahun lalu, ketika hewan-hewan besar yang disebut dinosaurus masih hidup dan bebas berkeliaran di muka Bumi, sebagian di antara mereka adalah monster-monster ganas yang mematikan. Salah satu yang paling terkenal mungkin Tyrannosaurus rex (T-rex). Hewan besar itu dikenal sebagai predator puncak di Bumi. 

Tetapi, ternyata, ada dinosaurus yang jauh lebih buas dan lebih mematikan dibandingkan T-rex.

Ahli paleontologi dari North Carolina State University, Amerika Serikat, telah menemukan sisa-sisa fosil spesies baru dinosaurus pembunuh raksasa, yang hidup di Bumi pada 100 juta tahun lalu.

Spesies baru itu diindentifikasikan dari jenis Siats meekerorum. Nama Siats berasal dari legenda Ute asli dari wilayah Utah, AS, yang memiliki arti “makhluk haus darah dan pemakan manusia”, seperti dilansir Science Recorder.

Menurut para ahli paleontologi, dinosarus karnivora yang baru ditemukan itu diperkirakan memiliki berat 3 ton, dan panjangnya hampir sama dengan bus kota.

Ukuran itu merupakan terbesar ketiga dari semua dinosaurus yang ditemukan di Amerika Utara.

"Fosil Siats meekerorum ditemukan di wilayah lereng berbatu di Cedar Mountain Formation, Utah, pada tahun 2008 lalu. Butuh waktu dua tahun untuk mengumpulkan dan menganalisis tulang-tulang yang tersebar di bebatuan," kata Lindsay Zanno, pemimpin penelitian dari North Carolina State University.

Dia menambahkan, dari hasil analisis sendimen batuan, diketahui bahwa tulang-tulang besar itu memiliki umur 98 juta tahun. Selain itu, penemuan fosil ini telah mengisi catatan kosong selama 30 juta tahun dari dinosaurus yang hidup di Amerika Utara.

"Siats meekerorum diperkirakan hidup 30 juta tahun, sebelum munculnya Tyrannosaurus rex (T-Rex) sebagai salah satu pembunuh puncak di Bumi," ungkap Zanno.

Para ahli paleontologi juga menyebutkan, penyebab ukuran raksasa dinosaurus ini mungkin disebabkan karena pada sekitar 100 juta tahun lalu Bumi dipenuhi vegetasi yang subur dan mangsa yang berlimpah.

"Seiring berjalannya waktu dan beberapa kerusakan di Bumi, Siats meekerorum mulai berevolusi menjadi jenis T-Rex sebagai dinosaurus predator yang berukuran lebih kecil," ujar Peter J. Makovicky, Paleontologis dari Chicago Field Museum of Natural History, AS.

Related

Science 8107406451014146493

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item