Perang Boxer, Kisah Para Ahli Kungfu Cina Melawan Amerika


Naviri Magazine - Pasa 7 September 1901, Perang Boxer akhirnya berakhir. Perang Boxer adalah perang di Cina, yang terjadi sejak November 1899. Boxer adalah sebutan orang Barat untuk kelompok orang Cina yang mengandalkan kungfu untuk melawan mereka. Kaum Boxer memulai perlawanan dengan menentang kekuasaan dan imperialisme asing di sektor perdagangan, politik, agama, dan teknologi di Cina. 

Sebagai pergerakan yang beranggotakan petani di Cina utara, kaum Boxer menyerang orang asing yang membangun jalur kereta api dan melanggar Feng Shui, dan juga orang Kristen yang dianggap bertanggung jawab atas dominasi asing di Cina. 

Pada Juni 1900, dengan membawa slogan “Dukung Qing, hancurkan Barat”, kaum Boxer menyerang Beijing dan membunuh 230 orang non-Tionghoa.

Perang itu berakhir pada 7 September 1901 dengan dikeluarkannya Protokol Boxer yang mengenakan sanksi berat terhadap Dinasti Qing, dalam bentuk ganti rugi sebesar 450 juta tael. Tidak lama setelah itu, Dinasti Qing semakin melemah, dan akhirnya dijatuhkan melalui sebuah revolusi pada tahun 1911.

Related

History 7144330613863102393

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item