Ternyata Ada Makhluk Laut yang Besarnya Melebihi Dinosaurus


Naviri Magazine - Paus biru adalah raksasa yang hidup di lautan, bahkan merupakan hewan terbesar yang pernah hidup di muka bumi. Ukurannya empat kali lebih besar dari ukuran dinosaurus terbesar. 

Ketika dewasa, ukuran paus biru dapat mencapai panjang 33 meter, dan diperkirakan memiliki berat tubuh hingga lebih dari 200 ton, yang setara dengan 60 ekor gajah. 

Selain berukuran terbesar di dunia, paus biru juga memiliki suara paling keras di dunia, karena lengkingan suaranya mencapai 188 desibel. 

Sebagai perbandingan, konser musik rock yang biasa kita dengar “hanya” mencapai 100 desibel. Itu artinya suara paus biru hampir dua kali lipatnya. Paus biru jantan biasa menggunakan suara kerasnya untuk menarik pasangan yang jaraknya ratusan mil jauhnya.

Paus biru hidup di hampir seluruh samudera, hingga memasuki abad ke-20. Sekarang, spesies ini dilindungi karena mendekati kepunahan akibat seringnya diburu.

Related

Science 4322872490074933053

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item