14 Aktor Hebat yang Memerankan Tokoh Nyata dalam Film


Naviri Magazine - Ada banyak tokoh terkenal di dunia nyata, yang sosok atau kisah hidupnya diangkat ke film layar lebar. Saat membuat film biografi semacam itu, film tidak hanya harus mampu menyuguhkan jalan cerita yang otentik dengan kisah sang tokoh, tapi juga harus mampu menampilkan aktor yang tepat untuk memerankan tokoh tersebut.

Sosok-sosok terkenal seperti Abraham Lincoln, Mahatma Gandhi, Jim Morrison, Winston Churchill, pernah diangkat ke layar lebar. Salah satu kunci sukses dalam film-film biografi semacam itu tentu kemampuan sang aktor dalam membawakan tokoh-tokoh tersebut. Semakin mirip dan semakin persis sang aktor memerankan si tokoh, semakin memukau hasil film yang ditonton.

Terkait hal itu, berikut ini 14 aktor dan aktris Hollywood yang pernah memerankan tokoh nyata dengan sangat baik dan hebat.

Eddie Redmayne: Stephen Hawking 
(The Theory of Everything)

Aktor asal Inggris ini berhasil memerankan pakar fisika teoretis dan kosmologi, yaitu Stephen Hawking, dalam film berjudul The Theory of Everything. 

Berkat aktingnya yang berhasil memerankan tokoh tersebut, Eddie diganjar berbagai penghargaan sebagai aktor terbaik, dua di antaranya dari ajang piala bergengsi; Best Actor - Academy Award & Best Actor - Golden Globe Award.

Salma Hayek: Frida Kahlo 
(Frida)

Bagi pecinta karya seni lukis pasti kenal tokoh satu ini, Frida Kahlo. Pelukis wanita legendaris yang berasal dari Meksiko ini kisah hidupnya diangkat dalam film layar lebar berjudul Frida pada 2002, dan aktris Salma Hayek sukses memainkan karakter tokoh nyata tersebut. 

Walaupun tak memenangkan penghargaan bergengsi seperti kategori Best Actress  di Piala Oscar, tapi banyak kritikus film yang memberi pujian atas penampilan Hayek di film tersebut.

Benedict Cumberbatch: Alan Turing 
(The Imitation Game)

Aktor serba bisa asal Inggris ini memang jago dalam totalitas akting. Berbagai karakter ikonik telah diperankannya, mulai dari Sherlock Holmes, villain kejam di Stat Trek, seekor naga di The Hobbit, dan penyihir Doctor Strange di MCU. 

Tentu tidak sulit untuk dia memerankan karakter berdasarkan tokoh nyata, menjadi ahli matematika yang memiliki peran vital dalam kelanjutan Perang Dunia 2, yaitu Alan Turing, dalam film The Imitation Game.

Ben Kingsley: Mahatma Gandhi 
(Gandhi)

Film yang memenangkan banyak penghargaan di berbagai kategori ini, menceritakan jalan kehidupan sosok bersejarah dari India yang memimpin pergerakan menentang Koloni Britania Raya di India. 

Ben Kingsley, aktor inggris berdarah India, sukses memerankan sosok terkenal Gandhi, sehingga mendapatkan penghargaan sebagai aktor terbaik pada Academy Award dan Golden Globe Award.

Robert Downey, Jr: Charlie Chaplin 
(Chaplin)

Siapa yang tak kenal komedian terkenal Charlie Chaplin? Tak hanya terkenal sebagai sosok yang jago melucu, ia juga terkenal sebagai aktor dan pembuat film yang hebat di zamannya. Karena itu, ketika tokoh ini diangkat sebagai film layar lebar, sutradara Richard Attenborough cukup pusing mencari aktor yang akan memerankannya. 

Walaupun dari pihak studio telah mempertimbangkan aktor-aktor kawakan seperti Robin Williams, Billy Crystaldan, dan Jim Carrey, untuk memerankan tokoh tersebut, akhirnya pilihan jatuh kepada Robert Downey, Jr yang saat itu masih aktor baru dan belum terkenal. Ia pun berhasil memerankannya, sehingga kita tahu bahwa ia tak hanya jago memerankan tokoh komik (Tony Stark), tapi juga tokoh nyata yaitu Charlie Chaplin.

Joaquin Phoenix: Johnny Cash 
(Walk the Line)

Aktor yang dinobatkan sebagai pemeran Joker versi baru ini berhasil memerankan penyanyi legendaris, yaitu Johnny Cash. Tak hanya berakting, Joaquin juga menyanyikan lagu Johnny Cash secara langsung di film tersebut.

Denzel Washington: Malcolm X 
(Malcolm X)

Malcolm X, tokoh dan aktivis hak asasi manusia asal Amerika Serikat, terkenal dengan aksinya sebagai pejuang hak-hak kulit hitam yang dilanda rasisme di Amerika pada masa itu. 

Walaupun ia tewas dibunuh dalam perjuangannya yang sedang membara, warisan dan tujuannya terus berjalan di Amerika, hingga dibuatlah film yang menceritakan perjuangannya, hingga tragedi ketika ia dibunuh oleh orang yang membencinya. Tak tanggung-tanggung, aktor yang memerankannya adalah aktor kawakan yang telah berpengalaman, yakni Denzel Washington.

Meryl Streep: Margaret Thatcher 
(The Iron Lady) 

Aktris yang telah memenangkan berbagai penghargaan ini sudah tidak diragukan lagi kualitas aktingnya. Karena itu, ketika ia memerankan film biografi The Iron Lady sebagai Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher, ia pun sukses memerankannya. 

Walaupun film tersebut bukan diproduksi Hollywood, melainkan hasil kerjasama dua negara yakni Inggris dan Perancis, Merryl Streep merupakan satu-satunya aktris asal Amerika yang dipercayakan untuk memerankan tokoh tersebut, dan hasilnya ia sukses menyabet penghargaan Piala Oscar sebagai aktris terbaik.

Val Kilmer: Jim Morrison 
(The Doors)

Aktor Val Kilmer sukses besar memerankan Jim Morrison, vokalis band rock legendaris asal Amerika, The Doors. Sebelum Val Kilmer, beberapa aktor terkenal seperti Johnny Depp, Tom Cruise, John Travolta, dan Richard Gere, dipertimbangkan untuk memerankan tokoh ikonik satu ini. 

Dalam film tersebut, Val Kilmer tak hanya berakting, ia juga menyanyikan lagu-lagu The Doors, dan suaranya sama persis dengan suara Jim Morrison, sehingga para anggota band The Doors yang mendengarkan langsung suara Val Kilmer di lokasi syuting kebingungan, karena tak bisa membedakan antara suara Val Kilmer dengan Jim Morrison. 

Tak cuma dari suara, personel band The Doors juga terkejut melihat penampilan dan wajah Val Kilmer yang sangat mirip dengan almarhum Jim Morrison.

Daniel Day-Lewis: Abraham Lincoln 
(Lincoln)

Film drama bersejarah yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini memang tak salah memilih aktor untuk memerankan Presiden Amerika, Abraham Lincoln. 

Saat Steven Spielberg menunjuk Daniel Day-Lewis secara langsung untuk memerankan tokoh terkenal ini, sang aktor merasa bingung untuk memerankannya. Tapi ia sukses mengatasinya, dan terbukti mendapatkan penghargaan aktor terbaik di Academy Awards atas perannya.

Michelle Williams: Marilyn Monroe 
(My Week with Marilyn)

Marilyn Monroe, aktris populer pada zaman dahulu, berhasil diperankan dengan baik oleh aktris Michelle Williams di film My Week with Marilyn. Walaupun banyak aktris yang telah memerankan Marilyn Monroe, akting Michelle Williams yang paling mendekati kemiripannya dari segi penampilan, gestur, cara bicara, dan penampilannya.

Chadwick Boseman: Jackie Robinson & James Brown 
(42) & (Get On Up)

Tak hanya sukses sebagai Raja Wakanda, Chadwick Boseman juga berhasil memerankan dua tokoh ikonik seperti atlet legendaris Jackie Robinson (atlet baseball kulit hitam pertama di Amerika yang mengalami diskriminasi) dalam film 42, dan raja soul music, James Brown, di film Get on Up.

Jamie Foxx: Sugar Ray Charles 
(Ray)

Ketika Jamie Foxx ditunjuk untuk memerankan penyanyi jazz dan R&B jenius Sugar Ray Charles, banyak yang sangsi akan kemampuannya dalam memerankan tokoh tersebut. Tapi Jamie Foxx berhasil membuktikan ia layak untuk memerankannya. 

Dia tidak hanya sukses dalam meniru gerak gerik penyanyi tersebut, tapi juga mampu meniru permainan piano Sugar Ray.

Gary Oldman: Sid Vicious & Winston Churchill
(Sid & Nancy) & (Darkest Hour)

Gary Oldman sukses besar memerankan figur terkenal, bassis kontroversial band punk Sex Pistol, Sid Vicious, di film Sid & Nancy. Dan aktor veteran asal Inggris ini juga mendapatkan penghargaan Academy Award kategori Best Actor sebagai Winston Churchill dalam film biografi Darkest Hour.

Related

Film 4409108340950218798

Recent

item