5 Cara Mengatasi Sifat yang Terlalu Sensitif dan Mudah Tersinggung


Perasaan sensitif dan baperan, semua orang pasti pernah mengalaminya dalam hidup, termasuk cowok. Perasaan ini akan muncul tiba-tiba di saat kita mengalami momen-momen tertentu. Tetapi, jika sifat ini dibiarkan mendominasi diri, pasti akan sangat menggangu untuk menghadapi kehidupan sehari-hari.

Jadi, jika kamu termasuk orang-orang yang sensitif dan baperan, lalu kamu ingin menghilangkan sifat ini, mungkin kamu bisa mencoba cara berikut ini. Penasaran apa saja caranya? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Jangan mudah menyimpulkan sesuatu

Ketika mendengar suatu informasi, jangan terlalu mudah untuk menyimpulkannya. Kenapa begitu? Coba pikirkan atau cari tahu terlebih dahulu apakah informasi itu benar atau tidak, jangan terlalu mudah menelannya mentah-mentah.

Sehingga, dengan seperti ini akan membuat kamu menjadi orang yang bijak dalam menyelesaikan suatu persoalan, dan tidak membuat kamu menjadi orang yang sensitif dan baperan. Cerna dan pikirkan terlebih dahulu jika kamu mendengarkan suatu informasi.

2. Latih diri untuk menjadi orang yang sabar

Latihlah diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih sabar dalam menyikapi semua permasalahan. Dengan kamu menjadi sabar, akan membuat kamu menjadi tegar dan kuat jika mempunyai masalah.

Dan juga, menjadi orang yang sabar akan membantu kamu agar tidak mudah terbawa suasana jika kamu menghadapi momen-momen tertentu. Jadi, jangan lupa untuk melatihnya sebaik mungkin.

3. Jadilah pribadi yang lebih dewasa

Jika kamu tidak ingin baperan dan menjadi sensitif, maka bersikaplah menjadi dewasa. Mencoba untuk lebih terbuka kepada semua orang. Dan jika ada teman kamu yang bercanda, janganlah mudah untuk tersinggung.

Apabila kamu tidak suka dengan bercandaan temanmu, maka beritahulah secara baik-baik. Jangan justru marah-marah tanpa tahu lebih dalam maksudnya. Bicarakan dengan baik, dengan begini mereka akan mengerti dengan sifat kamu.

4. Bersikaplah cuek

Jika perasaan kamu mudah tersinggung, maka belajarlah untuk menjadi cuek dengan segala hal yang kamu hadapi. Karena biasanya jika kamu memberi perhatian kepada orang yang menyinggungmu, maka akan membuat kamu mudah untuk merasa baper.

Jadi, jangan terlalu memikirkan omongan orang. Jika kamu terlalu memikirkannya terus-menerus maka akan membuat kamu merasa bahwa kamu memiliki banyak masalah. Cuek saja, biar pikiran lebih tenang.

5. Lakukan hal yang positif

Jika kamu merasa bahwa omongan orang itu menyinggung perasaanmu dan menyakitimu, maka cobalah untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan atau bermanfaat, seperti olahraga, membaca buku, atau hal menyenangkan lainnya. 

Dengan kamu memiliki banyak aktivitas, maka akan membuat kamu mudah lupa dengan semua hal yang membuat kamu merasa sensitif dan baperan. 

Nah, itulah beberapa cara yang mungkin bisa membantu kamu mengatasi sifat yang sensitif dan baperan. Jadi, jika kamu termasuk orang yang memakai perasaan, bisa nih untuk mencoba cara-cara di atas! Semoga bermanfaat, ya!

Related

Psychology 5952108697146126426

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item