Agar Tidak Mengalami Kecelakaan di Jalan Raya, Perhatikan Hal-hal Ini


Naviri Magazine - Salah satu penyebab utama kecelakaan kendaraan adalah hawa nafsu. Hal ini terjadi ketika seorang pengemudi naik pitam akibat provokasi dari pengemudi lain. Ini bisa terjadi bila seorang pengemudi melakukan hal yang membuat pengemudi lainnya bereaksi dengan ganas. Kesudahannya, tentu bisa dibayangkan menjadi tidak menyenangkan.

Cara pencegahannya memerlukan usaha yang sungguh-sungguh. Dengan teknik-teknik mengemudi yang baik, seseorang dapat terhindar dari sasaran kemarahan orang lain. Atau bahkan dapat mencegah diri sendiri terpancing amarah yang tak terkendali. Berikut ini adalah beberapa tips agar Anda dapat menikmati perjalanan dengan aman dan tetap nyaman.

Rencanakan perjalanan Anda 

Petakan rute yang akan dilewati dan beri waktu ekstra agar tidak terlambat tiba di tujuan. Dengan demikian, kemacetan kecil tidak akan begitu menegangkan.

Mengemudi secara defensif 

Patuhi disiplin jalan raya dan peraturan lain. Ingat bahwa mengemudi adalah ajang transportasi, bukannya kompetisi. Jadi mencapai tujuan dengan selamat haruslah menjadi prioritas utama.

Beri tanda

Pastikan menggunakan lampu sein bila akan membelok atau pindah jalur. Dengan demikian pengemudi di sekitar akan mengerti kemana arah tujuan atau apa yang akan diperbuat.

Jangan membuntuti terlalu dekat

Membuntuti terlalu dekat adalah mencari penyakit. Kebanyakan tabrakan dari belakang sebagian disebabkan oleh mengemudi terlalu dekat dengan kendaraan yang berada di depan.

Hindari bahaya

Biarkan pengemudi yang agresif berada jauh di muka Anda. Hindari rasa sombong. Janganlah menantang pengemudi agresif di belakang Anda atau orang yang gemar menyalip dengan mempercepat atau memperlambat kendaraan Anda.

Jangan turuti emosi

Jangan biarkan suasana hati yang buruk mengendalikan Anda. Tenangkan hati Anda. Rasa marah tidaklah sehat. Sesal kemudian tidak berarti.

Jaga sinar lampu Anda dan kurangi penggunaan klakson

Anda harus sensitif ketika menggunakan lampu jauh. Baik bagi kendaraan dari arah depan maupun kendaran di muka Anda, pastikan bahwa mereka tidak merasa silau akibat lampu Anda. Bila lalu lintas agak ramai, sebaiknya jangan gunakan lampu jauh, kecuali pada saat-saat kritis. Selain itu, kurangi penggunaan klakson.

Hindari kontak mata dengan pengemudi yang agresif 

Jangan memberi kode tangan atau jari yang dapat menghina orang dan yang dapat membahayakan Anda. Bila Anda menerima hinaan seperti itu, tak perlu hiraukan dan jangan membalas. Bila Anda telah berpengalaman dalam mengemudi, pasti telah dan akan terus mengalami bermacam kemarahan di jalan.

Tetaplah tenang

Karena pencegahan dan penghindaran sangatlah berguna dalam meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penumpang, maka dasarnya adalah penggunaan sikap yang benar. Tetaplah tenang, mulailah membuat pilihan yang baik dan nikmati perjalanan yang lebih aman.

Related

Tips 4107167478364531129

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item