Ini 4 Makanan yang Membantu Melancarkan Buang Air Kecil


Naviri Magazine - Secara mudah, buang air terjadi ketika tubuh kita kelebihan air, hingga harus dibuang. Dalam keadaan normal, urusan satu itu bisa dibilang tidak ada masalah. Ketika kita banyak minum, beberapa saat kemudian tubuh kita memberi sinyal otomatis yang memberitahu bahwa kita perlu buang air kecil.

Namun, kadang-kadang kita menghadapi masalah dalam soal ini. Mungkin karena sering menahan buang air kecil, terjadi infeksi pada saluran kencing, yang berakhir dengan tidak lancarnya proses buang air kecil. 

Meski mungkin terdengar sepele, tapi orang yang mengalaminya sering merasa tersiksa, karena hal itu bisa menimbulkan perih, perasaan tak enak, hingga rasa panas dan terbakar.  

Karenanya, untuk menghindari masalah semacam itu, dan agar kita selalu lancar dalam buang air kecil, sebaiknya tidak membiasakan menahan buang air. Jika tubuh sudah memberi sinyal bahwa kita perlu buang air, sebaiknya segeralah buang air—kalau memang memungkinkan. Dan kalau kita kebetulan mengalami masalah buang air kecil yang tidak lancar, beberapa makanan berikut ini bisa membantu melancarkannya.

Buah-buahan kaya air

Untuk membantu tubuh memperlancar buang air, kita bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti jambu air, melon, anggur, semangka, nanas, dan lainnya. Selain itu, minumlah air putih lebih banyak.

Oatmeal

Selain menjadi menu sarapan yang sehat, oatmeal juga sangat membantu dalam hal melancarkan buang air kecil. Di dalam tubuh, oatmeal akan mengikat kolesterol dan racun, kemudian membuangnya keluar melalui air seni. Biasanya, orang yang teratur makan oatmeal tidak mengalami masalah susah buang air kecil.

Jamu herbal

Jamu-jamuan herbal yang biasanya diminum untuk mengatasi sariawan dan panas dalam juga bisa digunakan untuk membantu melancarkan buang air kecil. Salah satu bahan yang biasanya dipakai dalam jamu herbal adalah akar alang-alang. Akar-akaran itu dapat memberikan rasa dingin pada saluran air kencing, dan membantu memulihkan infeksi saluran air kencing.

Kafein

Meski kadang disebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan, namun kafein juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan tertentu. Cokelat, kopi, dan soda, mengandung kafein yang dapat membantu melancarkan buang air kecil dan besar. 

Pada waktu kita buang air kecil, kafein akan terbuang bersama-sama dengan air seni. Karenanya, meminum kopi atau soda bisa digunakan untuk tujuan melancarkan buang air kecil. Meski begitu, kita juga harus minum air putih lebih banyak.

Related

Health 1817930650057220879

Recent

item